Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Belanda Perbarui Peringatan Perjalanan Untuk 8 Negara Eropa

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 17 Juni 2021, 06:42 WIB
Belanda Perbarui Peringatan Perjalanan Untuk 8 Negara Eropa
Ilustrasi/Net
Kementerian Luar Negeri Belanda mengumunkan bahwa pihaknya akan kembali melonggarkan atau bahkan mencabut travel warning untuk beberapa negara dan wilayah Eropa mulai Kamis (17/6) waktu setempat.

Negara-negara yang akan dicabut dari peringatan perjalanan termasuk Islandia, Polandia, dan Rumania, dengan tingkat peringatan diturunkan dari tingkat kuning yang berarti hati-hati menjadi hijau.

Wilayah yang saran perjalanannya telah dikurangi dari kode oranye menjadi kuning adalah Siprus, Liechtenstein, dan Swiss. Selain itu, semua wilayah Kroasia akan menjadi kuning kecuali wilayah Sjeverna Hrvatska utara, seperti juga pulau-pulau Aegean Selatan di Yunani.

Menyusul perubahan baru-baru ini, Belanda telah memberikan persetujuannya bagi penduduknya untuk bepergian ke 20 negara.

"Penyesuaian travel advice menjadi 'kuning' membuat perjalanan liburan tidak lagi dihalangi. Wisatawan tidak lagi harus menunjukkan hasil tes negatif sekembalinya ke Belanda dan tidak harus dikarantina," kata kementerian itu, seperti dikutip dari NL Times, Rabu (16/6).

"Tapi hati-hati, beberapa negara yang memakai warna kuning atau hijau memberlakukan pembatasan masuk," lanjutnya.

Wisatawan dari Belanda diminta untuk memeriksa peraturan masuk di negara pilihan mereka untuk memastikan mereka dapat melakukan perjalanan.  

"Selain itu, tetap penting bagi para pelancong untuk mempersiapkan diri dengan baik dan mereka tetap mendapat informasi tentang perkembangan selama mereka tinggal dan setelah kembali," kata pemerintah.

Badan kesehatan masyarakat RIVM mengumumkan pada hari Selasa bahwa para pelancong yang kembali dari Portugal dan pulau-pulau Spanyol harus melakukan tes Covid-19 sebagai tindakan pencegahan.

Sejumlah besar remaja Belanda yang merayakan kelulusannya di destinasi tersebut juga telah diminta untuk menjalani tes meski tidak mengalami gejala penyakit.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA