Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Hong Kong Gerebek Kantor Media Apple Daily, Tangkap Lima Pimpinannya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 17 Juni 2021, 16:28 WIB
Polisi Hong Kong Gerebek Kantor Media Apple Daily, Tangkap Lima Pimpinannya
Polisi Hong Kong tangkap pimpinan Apple Daily/Net
rmol news logo Polisi Hong Kong dilaporkan telah menangkap lima ekskutif surat kabar pro-demokrasi, Apple Daily, karena dugaan kolusi dengan pihak asing.

Dari laporan Apple Daily, ratusan polisi menggerebek kantor media itu pada Kamis (17/6) pagi. Mereka kemudian menangkap CEO Cheung Kim-hung, COO Royston Chow, Chief Editor Ryan Law, Associate Publisher Chan Pui-man dan Digital Platform Director Cheung Chi-wai.

Tahun lalu, polisi juga menangkap pemilik Apple Daily, seorang taipan bernama Jimmy Lai Chee-ying. Ia dituding telah melanggar UU keamanna nasional baru.

Inspektur senior unit keamanan nasional Steve Li mengatakan, Apple Daily telah menerbitkan lebih dari 30 artikel online dan cetak untuk mendesak sanksi asing terhadap China atas UU keamanan nasional.

"Artikel-artikel yang dipertanyakan memainkan peran yang sangat penting dalam konspirasi," kata Li, seperti dimuat Channel News Asia.

Selain menanggap para pimpinan, otoritas Hong Kong juga telah membekukan aset senilai 2,32 juta dolar AS milik Apple Daily Limited, Apple Daily Printing Limited, dan AD Internet Company.

Menurut Li, Apple Daily telah menggunakan jurnalisme sebagai alat untuk membahayakan keamanan nasional dan menjadi payung untuk mellindungi dirinya sendiri.

Sementara itu, pemimpin redaksi Apple Daily, Lam Man-chung mengungkap, polisi juga menargetkan kantor redaksi dengan mengambil komputer, dokumen, dan materi berita. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA