Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Erdogan: Tanpa Turki, Uni Eropa Tidak Mungkin Bisa Jadi Kekuatan Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 18 Juni 2021, 08:45 WIB
Erdogan: Tanpa Turki, Uni Eropa Tidak Mungkin Bisa Jadi Kekuatan Dunia
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan/Net
rmol news logo Presiden Recep Tayyip Erdogan dengan tegas mengatakan bahwa Uni Eropa tidak akan dapat mencapai tujuannya menjadi pusat kekuatan tanpa Turki.

Hal tersebut disampaikan presiden Turki saat di hadapan peserta KTT Proses Kerja Sama Eropa Tenggara (SEECP) di kota resor Mediterania Turki, Antalya yang diselenggarakan pada Kamis (17/6).

"Tidak mungkin bagi UE untuk mencapai tujuannya menjadi pusat daya tarik dan kekuatan tanpa Turki sebagai anggota penuh," kata Erdogan, seperti dikutip dari Anadolu Agency.

“Terlepas dari semua ketidakadilan yang kami hadapi, kami ingin perjuangan kami untuk keanggotaan penuh (UE) – yang telah kami teruskan dan dengan sabar selama setengah abad – sampai pada kesimpulan,” tambahnya.

SEECP tidak didirikan hanya untuk mengembangkan kerja sama politik dan keamanan dan untuk meningkatkan hubungan ekonomi, kata Erdogan, seraya menambahkan bahwa proses tersebut juga bertujuan untuk memperkuat kerja sama di bidang-bidang seperti demokrasi, keadilan, dan perang melawan kegiatan ilegal.

"Turki selalu mempertimbangkan kerja sama dan kepentingan bersama dalam kegiatan bilateral dan multilateralnya di Eropa Tenggara," tegasnya.

"Inisiatif regional kami sama sekali bukan pesaing atau alternatif dari inisiatif lain," tegasnya.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA