Farah.ID
Farah.ID

Vladimir Putin: Penarikan Pasukan AS Dari Afghanistan Sangat Penting Bagi Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 18 Juni 2021, 08:57 WIB
Vladimir Putin: Penarikan Pasukan AS Dari Afghanistan Sangat Penting Bagi Rusia
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Keputusan Amerika Serikat (AS) untuk menarik pasukannya dari Afghanistan merupakan masalah penting bagi Rusia, sehingga hal itu menjadi salah satu agenda dalam pertemuan Presiden Joe Biden dan Presiden Vladimir Putin di Jenewa pada 16 Juni lalu.

Dalam sebuah pertemuan di Moskow pada Kamis (17/6), Putin mengatakan Afghanistan memiliki perbatasan dengan Tajikistan, salah satu anggota Collective Security Treaty Organization (CSTO) yang dipimpin Rusia. Di Tajikistan juga, Rusia memiliki pangkalan militer.

"Pasukan Amerika ditarik dari Afghanistan. Ini sangat dekat dengan kami, kami memiliki pangkalan militer di Tajikistan. Bagaimana kami akan membangun hubungan di daerah ini, bagaimana kami akan memastikan keamanan di kawasan ini. Ini adalah masalah praktis yang sangat penting," kata Putin, seperti dimuat Anadolu Agency.

Biden telah mengumumkan penarikan sisa 2.500 pasukan AS dari Afghanistan dengan tenggat waktu 11 September 2021, atau 20 tahun setelah peristiwa 11/9 yang menghancurkan World Trade Center (WTC).

Invasi yang dilakukan oleh AS ke Afghanistan dilakukan setelah 11/9, ditujukan untuk menyerang Al Qaeda yang dianggap telah menyembunyikan Osama bin Laden, dalang dari serangan teror WTC.

Setelah AS memutuskan penarikan pasukan dari Afghanistan, pasukan asing yang tergabung dalam misi NATO ikut melakukan langkah yang sama.

ARTIKEL LAINNYA