Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Vladimir Putin Jadi Pemimpin Asing Pertama Yang Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Ebrahim Raisi Sebagai Presiden Iran

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 19 Juni 2021, 22:53 WIB
Vladimir Putin Jadi Pemimpin Asing Pertama Yang Ucapkan Selamat Atas Terpilihnya Ebrahim Raisi Sebagai Presiden Iran
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
Kemenangan Ebrahim Raisi dalam pemilihan presiden Iran pada Sabtu (19/6) disambut oleh sejumlah pejabat dan pemimpin negara.

Sejak Sabtu pagi, beberapa jam setelah garis pemungutan suara ditutup, pesan ucapan selamat mulai mengalir untuknya, termasuk dari para penantangnya dalam jajak pendapat yang diselenggarakan Jumat (18/6).

Anadolu Agency melaporkan, Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei mengeluarkan pernyataan panjang saat memberi selamat kepada Raisi, yang telah menjadi anak didik politikya.

Dalam pernyataannya, Rouhani mengatakan sudah menjadi tugasnya untuk mendukung penuh presiden baru. Pada gilirannya, Raeisi mengatakan dia akan menggunakan nasihat Rouhani dalam beberapa minggu ke depan sampai dia mengambil alih kekuasaan.

Sementara Ketua Parlemen Baqer Qalibaf meminta Raisi, sekutu konservatifnya, untuk meyakinkannya tentang dukungan parlemen. Dia juga mengatakan badan legislatif teratas akan mendukung pemerintahan baru di bawah kepemimpinannya.

Pesan ucapan selamat juga datang dari para pemimpin asing, dengan Presiden Rusia Vladimir Putin menjadi orang pertama yang mengucapkan selamat kepadanya.

Presiden Irak Barham Salih dan Perdana Menteri Mustafa Al-Kadhimi juga mengucapkan selamat kepada Raeisi dalam pesan terpisah, berharap kerjasama yang lebih erat antara kedua negara tetangga.

Juga ada Perdana Menteri Pakistan Imran Khan yang ikut mengeluarkan pernyataan yang memberi selamat kepada penerus Rouhani karena memenangkan pemilihan presiden ke-13 negara itu.

Presiden Suriah Bashar al-Assad Suriah dan pemimpin Hizbullah Lebanon Hassan Nasrallah, dua sekutu utama Iran di kawasan itu, juga mengirim pesan ucapan selamat kepada Raisi atas terpilihnya dia.

Raisi dinyatakan menang dalam pemilihan presiden Iran yang diselenggarakan pada Jumat (18/6), setelah berhasil menyingkirkan tiga kandidat lainnya dengan raihan suara sebanyak 17,92 juta suara (61,9 persen).
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA