Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Farah.ID

Redakan Ketegangan Dengan Iran, AS Tarik Pasukan Dari Timur Tengah

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 20 Juni 2021, 10:39 WIB
Redakan Ketegangan Dengan Iran, AS Tarik Pasukan Dari Timur Tengah
Militer Amerika Serikat/Net
Amerika Serikat (AS) telah memotong jumlah pasukan dan unit pertahanan udaranya yang dikerahkan ke Timur Tengah.

Wall Street Journal pada Sabtu (19/6) melaporkan, Pentagon memindahkan delapan baterai anti-rudal Patriot dari Irak, Kuwait, Yordania, dan Arab Saudi. Selain itu, sistem surat Thaad juga dipindahkan dari Arab Saudi.

Untuk mengoperasikan setiap baterai, diperlukan ratusan tentara dan warga sipil.

Jurubicara Pentagon Komandan Jessica McNulty mengatakan beberapa unit sedang dipindahkan ke negara lain dan beberapa lainnya ke AS untuk pemeliharaan.
Langkah itu dilakukan ketika pemerintahan Presiden Joe Biden berusaha meredakan ketegangan dengan Iran setelah memanas pada 2019.
"Keputusan ini dibuat dalam koordinasi yang erat dengan negara tuan rumah dan dengan pandangan yang jelas untuk menjaga kemampuan kami untuk memenuhi komitmen keamanan kami," ujar McNulty, seperti dimuat AFP.

Meski begitu, ia mengatakan, AS akan mempertahankan postur kekuatan di kawasan, sesuai dengan ancaman dan perubahan di kawasan berdasarkan kepentingan nasional.

"Kami juga mempertahankan fleksibilitas untuk dengan cepat mengalirkan pasukan kembali ke Timur Tengah sesuai kondisi yang diperlukan," lanjutnya.

Pentagon juga memangkas kehadiran pasukannya di Irak tahun lalu menjadi 2.500, mendukung pasukan Irak dalam perjuangan mereka melawan ISIS.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA