Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Selidiki Teori Virus Corona Dari Lab Wuhan, Jurnalis Swedia Dapat Tekanan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 22 Juni 2021, 12:42 WIB
Selidiki Teori Virus Corona Dari Lab Wuhan, Jurnalis Swedia Dapat Tekanan
Institut Virologi Wuhan, China/Net
Seorang reporter sains dari media nasional Swedia telah didesak untuk berhenti melakukan liputan mengenai asal muasal virus corona terkait teori kebocoran dari laboratorium.

Reporter SVT, Bodil Appelquist menyebut ia harus berhenti melakukan penelitian mengenai asal-usul virus corona karena didesak staf editorialnya

Sebelumnya, Badan Kontinjensi Sipil Swedia (MSB) dan sejumlah media telah bersama-sama melabeli teori yang menyebutkan virus corona berasal dari laboratorium sebagai konspirasi.

"Ada beberapa konsensus saat itu, setahun yang lalu, bahwa ini adalah teori konspirasi," ujarnya, seperti dikutip Sputnik.

Ia mengatakan, pada awal pandemi dia dihubungi oleh beberapa peneliti yang berpikir dia harus melihat lebih dekat lab di kota Wuhan di China, tempat kasus pertama Covid terdeteksi.

Ketika ia berusaha mengajukan penelitian yang ekstensif, permintaannya disambut dengan keraguan dan pertanyaan dari staf editorialnya sehingga dia harus menghentikan proyek tersebut.

"Saya sama sekali tidak ingin dilihat sebagai ahli teori konspirasi. Itu akan menghancurkan saya sebagai seorang jurnalis. Namun, fakta bahwa kami tidak berani melihatnya dengan cara yang berbeda, saya yakin agak bermasalah," kata Appelquist.

Asal muasal pandemi Covid-19 masih belum diketahui untuk saat ini. Namun, teori bahwa virus itu berasal dari laboratorium dan bocor secara tidak sengaja telah dicap sebagai konspirasi berbahaya, meskipun kebocoran laboratorium pernah terjadi di masa lalu.

ARTIKEL LAINNYA