Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Beijing Minta PBB Selidiki Kejahatan Kemanusian Di Kanada, Trudeau: China Tidak Sadar Dia Sendiri Punya Masalah HAM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 Juni 2021, 10:07 WIB
Beijing Minta PBB Selidiki Kejahatan Kemanusian Di Kanada, Trudeau: China Tidak Sadar Dia Sendiri Punya Masalah HAM
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau/Net
rmol news logo Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Selasa (22/6) menanggapi langkah China yang meminta Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) untuk menyelidiki kejahatan terhadap masyarakat adat yang terjadi di negara itu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Dalam pernyataannya, Trudeau membuat perbandingan antara bagaimana kedua negara menangani ketidakadilan sejarah serta segala peristiwa yang sedang berlangsung.

"Perjalanan rekonsiliasi adalah perjalanan yang panjang, tetapi ini adalah perjalanan yang sedang kami jalani. China bahkan tidak menyadari bahwa dia sedang punya masalah. Itu adalah perbedaan yang cukup mendasar," kata Trudeau kepada wartawan, seperti dikutip dari CBC.

"Di Kanada, kami memiliki Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi. Di China, apakah ada komisi kebenaran dan rekonsiliasi? Di mana kebenaran mereka? Apa mereka punya keterbukaan seperti yang selalu ditunjukkan Kanada dan tanggung jawab yang telah diambil Kanada atas kesalahan mengerikan di masa lalu?" lanjut Trudeau.

Trudeau juga mengatakan penting bagi Kanada dan dunia untuk memperhatikan "pelanggaran sistemik dan pelanggaran hak asasi manusia terhadap Uighur."

Pernyataan China di PBB tampaknya dilakukan sebagai balasan atas seruan baru yang dilakukan oleh Kanada dan sekutunya, agar PBB mendapatkan akses bebas dan tak terbatas ke Xinjiang untuk menyelidiki pelanggaran yang dilaporkan terhadap populasi Uighur.

Dalam sebuah laporan, China dikatakan telah menahan sekitar satu hingga dua juta orang Uighur di Xinjiang dalam apa yang disebut pemerintah sebagai 'pusat pendidikan ulang'. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA