Farah.ID
Farah.ID

Setop Penyebaran Varian Delta, Warga Sydney Dilarang Keluar Kota

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Juni 2021, 11:46 WIB
Setop Penyebaran Varian Delta, Warga Sydney Dilarang Keluar Kota
Ilustrasi/Net
Pihak berwenang Australia telah melarang warga Sydney di New South Wales (NSW) untuk meninggalkan kota tersebut guna menghentikan penyebaran virus corona varian Delta yang sangat menular.

Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian pada Rabu (23/6) mengumumkan pembatasan baru yang akan berlaku mulai pekan depan. Salah satunya melarang perjalanan tidak penting ke luar Sydney dan pembatasan pertemuan sosial.

Aturan baru tersebut berdampak bagi 5 juta penduduk Sydney di tujuh wilayah di mana kasus Covid-19 telah terdeteksi, seperti dikutip Associated Press.

Sejak pekan lalu, lebih dari 30 kasus Covid-19 muncul sebagai bagian dari klaster Pantai Bondi.

Pihak berwenang tidak memerintahkan penutupan restoran dan bar, tetapi kegiatan menari dan bernyanyi dilarang. Sementara acara-acara besar masih dapat berlangsung dengan kapasitas stadion dibatasi hingga 50 persen.

"Saya tahu dari pengalaman saya ada tingkat kelelahan dan tingkat apatis tentang respons terhadap virus. Tetapi dalam arti tertentu, ini adalah versi virus yang baru dan lebih berbahaya dan sikap apatis itu harus disingkirkan," kata Menteri Kesehatan NSW Brad Hazzard.

Sejauh ini, Australia telah mencatat lebih dari 30 ribu kasus Covid-19 dengan 910 kematian.

ARTIKEL LAINNYA