Farah.ID
Farah.ID

Hubungi Astronot Di Stasiun Tianhe, Xi Jinping Disarankan Dirikan Markas PKC Cabang Luar Angkasa

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 23 Juni 2021, 15:02 WIB
Hubungi Astronot Di Stasiun Tianhe, Xi Jinping Disarankan Dirikan Markas PKC Cabang Luar Angkasa
Presiden Xi Jinping melakukan panggilan darat-ruang angkasa pertama dengan tiga antariksawan China, Rabu 23 Juni 2021/Repro
Presiden Xi Jinping yang juga Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (PKC) melakukan panggilan darat-ruang angkasa pertama dengan tiga antariksawan China, yang dijuluki taikonaut, yang ditempatkan di modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe pada Rabu (23/6) pagi waktu setempat.

Upaya epik semacam itu terjadi enam hari setelah kru Shenzhou-12 memasuki rumah baru mereka di luar angkasa pada 17 Juni lalu.

Pada awal panggilan, yang disiarkan langsung oleh penyiar nasional China Central Television (CCTV), taikonaut Liu Boming dan Tang Hongbo terlihat melakukan penyesuaian pada pakaian antariksa -yang diharapkan dapat digunakan untuk kegiatan ekstravehicular di masa depan. Sementara Nie Haisheng, pemimpin kru, mengoperasikan sistem stasiun luar angkasa di stasiun kerja di kompartemen utama.

Setelah ketiga pria itu berkumpul di kompartemen utama  stasiun ruang angkasa, di depan bendera nasional Tiongkok dan bendera Partai Komunis China, mereka memberi hormat kepada Presiden Xi.

Xi mengirim salam hangat kepada mereka dan berharap misi mereka di luar angkasa berhasil.  Xi  juga menanyakan kabar dan bagaiman kehidupam mereka.

Percakapan berjalan hangat yang cukup panjang, serta lancar tanpa penundaan atau gangguan.

“Kami para taikonaut China sekarang memiliki rumah jangka panjang di orbit,” kata para kru, seperti dikutip dari Global Times.

Mengingat fakta bahwa ketiga taikonaut semuanya adalah anggota PKC, beberapa netizen telah melontarkan gagasan untuk mendirikan cabang partai tersebut di luar angkasa.

Menurut kode kerja organisasi Partai di tingkat akar rumput yang dikeluarkan oleh Komite Sentral PKC, cabang Partai dapat dibentuk asalkan ada tiga anggota Partai ke atas.

Song Luzheng, seorang peneliti di Institut China Universitas Fudan, mengatakan dia dapat memahami ide yang dilontarkan netizen dan ketiga anggota kru semuanya adalah perwakilan Partai yang luar biasa.

Song mencatat bahwa kru dan program Stasiun Luar Angkasa China, di bawah kepemimpinan Partai, pasti akan memberikan kontribusi yang lebih besar kepada seluruh umat manusia.

Banyak juga yang menantikan pengiriman berkah dari stasiun luar angkasa pada 1 Juli (perayaan hari ulang tahun PKC).

“Tiga taikonaut akan berada di luar angkasa untuk merayakan ulang tahun Partai, penghargaan khusus untuk seratus tahun,” kata Song.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA