Farah.ID
Farah.ID

Tuding Sebar Disinformasi, AS Sita 33 Situs Web Iran

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Juni 2021, 16:16 WIB
Tuding Sebar Disinformasi, AS Sita 33 Situs Web Iran
Situs Alalam TV yang disita pemerintah AS/Net
Amerika Serikat (AS) telah menyita puluhan domain situs web yang berafiliasi dengan Iran dengan tuduhan telah menyebarkan disinformasi.

Lebih dari 30 situs web Iran, termasuk Press TV dan Alalam TV, telah diblokir pada Selasa (22/6). Mereka dituduh melanggar sanksi AS.

"Hari ini, berdasarkan perintah pengadilan, AS menyita 33 situs web yang digunakan oleh Persatuan Radio dan Televisi Islam Iran (IRTVU) dan tiga situs web yang dioperasikan oleh Kata'ib Hizbullah (KH), yang melanggar sanksi AS," kata Departemen Kehakiman AS dalam sebuah pernyataan.

Departemen mengatakan, penyitaan dilakukan sebagai bagian dari tindakan penegakan hukum oleh Biro Industri dan Keamanan, Kantor Penegakan Ekspor, dan Biro Investigasi Federal.

Beberapa jam setelah penyitaan, baik Press TV maupun Alalam TV kembali muncul dengan menggunakan alamat domain Iran.

"Dalam apa yang tampaknya merupakan tindakan terkoordinasi, pesan serupa muncul di situs web jaringan televisi Iran dan regional yang mengklaim bahwa domain situs web telah 'disita oleh pemerintah AS," kata Press TV di Twitter.

Sebelumnya, pada Oktober 2020, jaksa AS menyita jaringan domain web yang mereka klaim digunakan dalam kampanye oleh Korps Pengawal Revolusi Iran (IRGC) untuk menyebarkan disinformasi ke seluruh dunia.

ARTIKEL LAINNYA