Farah.ID
Farah.ID

Wakil Menteri Keamanan China Membelot Ke AS, Bawa Informasi Skandal Bisnis Hunter Biden

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 23 Juni 2021, 20:57 WIB
Wakil Menteri Keamanan China Membelot Ke AS, Bawa Informasi Skandal Bisnis Hunter Biden
Presiden AS Joe Biden dan putranya, Hunter Biden/Net
Seorang pejabat tinggi China yang telah membelot ke Amerika Serikat (AS) membocorkan informasi terkait adanya transaksi bisnis Hunter Biden di China.

Wakil Menteri Keamanan Negara China, Dong Jingwei merupakan pejabat tertinggi kedua di Kementerian Keamanan Negara China yang membelot ke AS.

Menurut seorang pengusaha Amerika-China, Yue, Dong memiliki informasi terkait bisnis anak Presiden AS Joe Biden di negeri tirai bambu itu.

"Saya mengerti bahwa pembelot juga membawa skandal Biden, saya berbicara tentang Hunter Biden. Dan ketika Anda memiliki kasus semacam ini, itu adalah pedang bermata dua," ujar Yue, seperti dikutip South China Morning Post, Rabu (23/6).

Yue saat ini adalah wakil ketua Republican Overseas dan anggota Konvensi Nasional Partai Republik (RNC). Yue mengklaim bahwa ia memiliki sumber yang "dapat diandalkan" di Badan Intelijen Pertahanan AS (DIA) yang saat ini memiliki hak asuh atas Dong.

“Saya yakin posisi Komite Nasional Republik saya di DIA memiliki Dong Jingwei dalam perlindungannya. Jika saya kalah taruhan, saya mengundurkan diri dari posisi RNC saya,"

Tuduhan terhadap Hunter Biden muncul sebagai tanggapan tidak diperhatikannya kasus pembelot China oleh media AS.

Hunter sendiri saat ini sedang diselidiki oleh Departemen Kehakiman AS atas tuduhan menggunakan pengaruh ayahnya sebagai mantan Wakil Presiden AS di pemerintahan Barack Obama untuk mengamankan kesepakatan bisnis yang menguntungkan di Ukraina dan China.

"Di satu sisi, dia bisa mengungkapkan apa yang terjadi dengan virus corona, apa yang terjadi dengan orang Amerika. Dalam mengidentifikasi Partai Komunis China dan aset China di AS. Tetapi dia juga dapat berbicara tentang Hunter Biden, gambar, video, dan seluruh upaya mata-mata Hunter Biden di China. Hal ini bisa sangat memalukan bagi pemerintahan Biden," jelas Yue.

Yue menyebut, pemerintahan Biden memerintahkan penyelidikan mengenai asal usul virus corona pada bulan lalu karena ia mengetahui adanya pembelot dari pejabat tinggi China.

Menurut situs web AS SpyTalk, Dong melarikan diri ke AS bersama putrinya Dong Yang. Sebelumnya, sudah ada mantan pejabat kementerian luar negeri China, Dr. Han Lianchao, yang membelot ke AS setelah tragedi Tiananmen 1989.

ARTIKEL LAINNYA