Farah.ID
Farah.ID

Puluhan Karyawan Resign Setelah IKEA Sajikan Ayam Goreng Dan Semangka Untuk Juneteenth

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 23 Juni 2021, 21:20 WIB
Puluhan Karyawan Resign Setelah IKEA Sajikan Ayam Goreng Dan Semangka Untuk Juneteenth
Sekitar20 karyawan perusahaan ritel perabot rumah tangga IKEA di kota Atlanta, Georgia, Amerika Serikat memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya setelah perusahaan tersebut menyajikan ayam goreng dan semangka untuk perayaan Juneteenth/Net
Sekitar 20 karyawan perusahaan ritel perabot rumah tangga IKEA di kota Atlanta, Georgia, Amerika Serikat memutuskan untuk resign alias berhenti dari pekerjaannya pada akhir pekan lalu, setelah perusahaan tersebut menyajikan ayam goreng dan semangka untuk perayaan Juneteenth.

Untuk diketahui, Juneteenth, atau yang biasa disebut Hari Kebebasan atau Hari Emansipasi, adalah hari libur di Amerika Serikat yang memperingati pengumuman penghapusan perbudakan di negara bagian Texas pada tahun 1865. Perayaan ini lebih merujuk kepada emansipasi ras Afrika-Amerika di seluruh Amerika Serikat.

Sementara itu, ayam goreng dan semangka merupakan dua makanan yang memiliki stereotip rasial untuk orang Afrika-Amerika.

Pihak IKEA di Atlanta sendiri sebenarnya menempatkan ayam goreng dan semangka di bagian "menu khusus" yang sebenarnya dirancang untuk menghormati ketekunan orang kulit hitam Amerika dan mengakui kemajuan yang belum dibuat.

Penempatan dua makanan tersebut sebagai menu khusus itu dilakukan oleh pihak IKEA di Atlanta setelah sebelumnya Presiden Amerika Serikat Joe Biden menandatangani RUU yang menjadikan Juneteenth sebagai hari libur federal.

Namun, rencana tersebut dipandang negatif oleh sebagian karyawannya. Sekitar 20 karyawan IKEA di Atlanta itu memprotes langkah tersebut dan menilainya sebagai tindakan rasis. Mereka pun kompak untuk keluar dari pekerjaan mereka secara bersamaan.

Pihak IKEA di Atlanta mengkonfirmasi kejadian tersebut dalam sebuah pernyataan kepada media Independent pada hari Rabu (23/6). Namun pihak IKEA menjelaskan bahwa dalam upaya menempatkan dua makanan itu sebagai menu khusus Juneteenth dibantu oleh karyawan IKEA berkulit hitam.

"(Menu) dibuat dengan niat terbaik, termasuk rekomendasi dari karyawan perusahaan kulit hitam," begitu bunyi pernyataan tersebut.

Menindaklanjuti hal tersebut, pihak perusahaan pun segera meminta maaf.

"Kami salah dan kami dengan tulus meminta maaf," kata jurubicara perusahaan, seperti dikabarkan Russia Today.

Mengapa ayam goreng dan semangka distereotipkan dengan rasisme di Amerika Serikat?

Salah satu alasannya adalah karena ilustrasi dan kartun rasis dari sejarah Amerika Serikat sering kali menunjukkan karikatur orang kulit hitam Amerika yang sedang makan irisan semangka.

Ayam goreng juga memiliki sejarah yang sama sebagai kiasan rasis di negeri Paman Sam tersebut.

ARTIKEL LAINNYA