Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Obrolan Pertama Xi Jinping Dengan Tiga Astronot China Di Stasiun Tianhe, Tanya Kabar Hingga Kondisi Kehidupan Luar Angkasa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 24 Juni 2021, 06:51 WIB
Obrolan Pertama Xi Jinping Dengan Tiga Astronot China Di Stasiun Tianhe, Tanya Kabar Hingga Kondisi Kehidupan Luar Angkasa
Tiga astronot China berhasil lakukan percakapan telepon dengan Bumi pada Rabu 23 Juni 2021, dan berbicara dengan Presiden Xi Jinping/Net
rmol news logo Tiga astronot China yang saat ini berada di modul inti stasiun luar angkasa Tianhe berhasil melakukan percakapan telepon jarak jauh pertama mereka dengan Bumi pada Rabu (23/6) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Tiga astronot, Nie Haisheng (56), Liu Boming (54) dan Tang Hongbo (45) medapat salam hangat dari Presiden China Xi Jinping dalam komunikasi pertama mereka.

Xi mengirim salam kepada tiga astronot tersebut melalui tautan video di Pusat Kontrol Dirgantara Beijing. Dia juga mengucapkan selamat sambil berterima kasih atas pekerjaan ketiganya.

"Anda adalah astronot pertama yang ditempatkan di modul inti Tianhe dan akan tinggal di luar angkasa selama tiga bulan," kata Xi selama panggilan video yang disiarkan televisi nasional China CCTV, seperti dikutip dari Xinhua.

"Kami semua sangat bangga, peduli, dan akan selalu memantau kalian," lanjutnya.

Menanggapi pertanyaan Xi tentang kesehatan, kondisi kehidupan, dan pekerjaan mereka, Nie, komandan kru, mengatakan mereka dalam keadaan sehat dan pekerjaan mereka berjalan dengan baik.

"Terima kasih atas perhatian Anda, Sekretaris jenderal! Kami dalam kondisi fisik yang baik, dan pekerjaan luar angkasa kami berjalan lancar," kata Nie.

Xi mengatakan dia senang mengetahui bahwa para astronot dalam kondisi baik dan pekerjaan mereka berjalan dengan lancar.

“Pembangunan stasiun luar angkasa merupakan tonggak sejarah dalam industri luar angkasa China, yang akan memberikan kontribusi perintis pada penggunaan ruang angkasa secara damai oleh umat manusia,” kata Xi.

"Anda adalah perwakilan dari mereka yang berjuang dan mendaki di industri luar angkasa China di era baru. Saya harap Anda akan bekerja sama satu sama lain dan menyelesaikan tugas yang akan datang," ujarnya.

Ia lalu mengungkapkan harapannya agar ketiga astronot tersebut dapat bekerja dan hidup dengan baik di luar angkasa.  

"Kami menunggu Anda kembali dengan penuh kemenangan di Beijing," ungkapnya.

Percakapan hangat itu terjadi enam hari setelah kru Shenzhou-12, misi Antariksa Tiongkok,  memasuki rumah baru mereka di luar angkasa pada 17 Juni lalu.

Modul inti Tianhe, tempat tiga astronot saat ini ditempatkan, memiliki panjang total 16,6 meter, diameter maksimum 4,2 meter, dan massa lepas landas 22,5 ton. Ini adalah pesawat ruang angkasa terbesar yang dikembangkan dan diluncurkan oleh China.

Pejabat China mengatakan stasiun ruang angkasa baru itu tidak hanya untuk orang China, tetapi juga terbuka untuk dunia.

Selain Xi, Wakil Perdana Menteri Han Zheng juga berpartisipasi dalam acara hari Rabu.

Pencapaian tiga antariksawan China dan percakapan ketiganya dengan Xi, mengundang kekaguman dan komentar para netizen.

Beberapa netizen bahkan melontarkan gagasan untuk mendirikan cabang partai tersebut di luar angkasa, mengingat fakta bahwa ketiga taikonaut - sebutan untuk antariksawan China - semuanya adalah anggota PKC. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA