Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hidupkan Kesepakatan Nuklir, AS Akan Cabut 1.040 Sanksi Untuk Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 24 Juni 2021, 10:43 WIB
Hidupkan Kesepakatan Nuklir, AS Akan Cabut 1.040 Sanksi Untuk Iran
Presiden Iran Hassan Rouhani/Net
rmol news logo Negosiasi untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran, Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA), berjalan dengan baik. Sebanyak lebih dari 1.000 sanksi Amerika Serikat (AS) yang dikenakan pada Iran akan dicabut.

Kepala staf presiden Iran Hassan Rouhani, Mahmoud Vaezi mengungkap, negosiasi kesepakatan nuklir di Wina membuat kemajuan baik dengan pencabutan sanksi ekonomi AS yang diterapkan pada Teheran selama pemerintahan Donald Trump.

"Saat ini, kesepakatan telah dicapai tentang perbankan, asuransi, minyak, dan pengiriman. Semua ini telah disepakati. Sekitar 1.040 sanksi era Trump akan dicabut berdasarkan kesepakatan," ujar Vaezi dalam konferensi pers pada Rabu (23/6), seperti dikutip Sputnik.

Dia juga mencatat bahwa negosiasi saat ini berfokus pada sanksi yang dijatuhkan sebelum 2015.

"Kesepakatan dicapai untuk mencabut embargo terhadap orang dan aparat yang termasuk dalam administrasi pemimpin tertinggi Iran," lanjutnya.

Pada Mei 2018, Trump mengumumkan penarikan AS dari JCPOA. Setelah itu pemerintahan Trump menerapkan kebijakan tekanan maksimum dengan memberlakukan banyak sanksi ekonomi.

Iran menanggapi dengan mengutuk langkah AS dan melanjutkan pengayaan uranium karena tidak sesuai dengan kesepakatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA