Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

DPR AS Pilih Komite Baru Untuk Selidiki Kerusuhan Capitol Hill

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 Juni 2021, 08:26 WIB
DPR AS Pilih Komite Baru Untuk Selidiki Kerusuhan Capitol Hill
Kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari 2021/Net
Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Amerika Serikat (AS) mengumumkan komite terpilih untuk menyelidiki kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari.

Pengumuman disampaikan oleh Ketua DPR AS Nancy Pelosi selama konferensi pers pada Kamis (24/6). Ia mengatakan komite tersebut juga diisi oleh Partai Republik, namun Pelosi tidak merinci nama anggota parlemen mana yang ditunjuk atau aturan yang digunakan.

Pelosi juga menyebut tidak akan memberlakukan batasan waktu untuk laporan temuannya, seperti dikutip Sputnik.

Sebelumnya sebuah komisi yang berisi Demokrat dipilih oleh DPR  untuk menyelidiki insiden tersebut. Tetapi inisiatif itu gagal di Senat dengan 54:34 suara karena dikhawatirkan dapat memicu tuduhan bias partisan. Dibutuhkan 60 suara untuk melanjutkan sebuah proposal.

Pelosi sendiri berharap sebuah komisi dapat dibentuk di masa depan untuk penyelidikan yang lebih mendalam.

"Sangat penting bahwa kami menetapkan kebenaran hari itu dan memastikan serangan semacam itu tidak dapat terjadi lagi, dan bahwa kami membasmi semua penyebab itu," kata Pelosi.

Pelosi berharap komite juga memberikan rekomendasi untuk pencegahan serangan yang mungkin terjadi di masa depan.

Kerusuhan di Capitol Hill pada 6 Januari lalu terjadi ketika Kongres berusaha untuk mengesahkan kemenangan Presiden Joe Biden. Kerusuhan yang disebabkan oleh para pendukung Donald Trump itu bukan hanya merusak fasilitas, namun juga menyebabkan 5 korban jiwa.

ARTIKEL LAINNYA