Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pantau Aktivitas Militer China, Menhan Nobuo Kishi: Keamanan Taiwan Terkait Langsung Dengan Jepang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 Juni 2021, 09:58 WIB
Pantau Aktivitas Militer China, Menhan Nobuo Kishi: Keamanan Taiwan Terkait Langsung Dengan Jepang
Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi/Net
rmol news logo Jepang dengan serius mengamati hubungan antara China dan Taiwan, lantaran keamanan Taiwan secara langsung terkait dengan keamanan Jepang.

Demikian yang disampaikan oleh Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi dalam wawancaranya dengan Bloomberg pada Kamis (24/6).

"Perdamaian dan stabilitas Taiwan terhubung langsung dengan Jepang, dan kami memantau dengan cermat hubungan antara China dan Taiwan, serta aktivitas militer China," ujar Kishi.

Menurut Kishi, setiap tahunnya, kesenjangan antara militer China dan Taiwan semakin besar, khususnya ketika Beijing memperkuat militernya.

Dalam pertemuan dengan sub-komite keamanan dan pertahanan Parlemen Eropa pada awal bulan ini, Kishi mengungkap China telah memperluas anggaran pertahanan nasionalnya secara besar-besaran.

"Masyarakat internasional harus datang dengan satu suara untuk mendekati China," ujarnya kepada parlemen.

Pekan lalu, sebanyak 28 pesawat angkatan udara China, termasuk jet tempur dan pembom berkemampuan nuklir, memasuki zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ) Taiwan.

Insiden itu terjadi tidak lama setelah para pemimpin G7 bertemu dan bersama-sama berkomitmen untuk melawan agresivitas China, termasuk di Selat Taiwan.

Jurubicara Kementerian Pertahanan China Ren Guoqiang menyebut hal itu merupakan bagian dari latihan dan respons dalam menghadapi situasi keamanan di Selat Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA