Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ICAO Akan Tinjau Insiden Pembajakan Pesawat Ryanair Oleh Belarus Pada Akhir Bulan Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 Juni 2021, 12:10 WIB
ICAO Akan Tinjau Insiden Pembajakan Pesawat Ryanair Oleh Belarus Pada Akhir Bulan Ini
Pesawat Ryanair/Net
rmol news logo Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) akan meninjau laporan kerja terkait insiden pembajakan pesawat Ryanair di atas langit Belarus pada 23 Mei lalu.

Utusan Rusia untuk ICAP Sergei Gudkov pada Kamis (24/6) mengatakan tinjauan akan dilakukan pada 28 Juni, bukan 25 Juni seperti yang direncanakan semula.

"Baru saja terungkap bahwa Dewan ICAO menunda pertimbangan laporan sementara dari Jumat ke Senin," ujarnya, seperti dikutip TASS.

Gudkov mengatakan Sekretariat ICAP telah menerbitkan dokumen kerja tentang insiden penerbangan Ryanair. Ia menambahkan, dokumen tersebut pada dasarnya tidak memiliki kesimpulan awal, sementara komisi yang dibentuk masih belum dapat memulai penyelidikannya karena belum menerima semua bahan yang diperlukan.

Pihak berwenang Belarusia menginformasikan pada Kamis bahwa mereka telah dikirimi laporan sementara tentang insiden tersebut.

Pada 23 Mei, penerbangan Ryanair tujuan Vilnius yang lepas landas dari Athena terpaksa melakukan pendaratan darurat di ibukota Belarusia, Minsk, setelah ada laporan ancaman bom.

Sebuah jet Mikoyan MiG-29 dikerahkan untuk mengawal pesawat ke Minsk.

Pihak berwenang Belarus kemudian menetapkan bahwa Roman Protasevich, yang dicari di Belarus sebagai salah satu pendiri saluran Telegram Nexta, yang diakui oleh pihak berwenang Belarus sebagai ekstremis, termasuk di antara penumpang penerbangan tersebut. Dia kemudian ditahan oleh agen penegak hukum Belarus.

Setelah insiden itu, Uni Eropa melarang perusahaan penerbangan Belarus mengoperasikan penerbangan ke bandara Uni Eropa dan menggunakan wilayah udara Uni Eropa, serta merekomendasikan agar maskapai penerbangan Eropa menghindari wilayah udara Belarus. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA