Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Luncurkan Kereta Listrik Di Tibet, Dekat Perbatasan India

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 25 Juni 2021, 16:36 WIB
China Luncurkan Kereta Listrik Di Tibet, Dekat Perbatasan India
Ilustrasi/Net
rmol news logo China telah meluncurkan kereta listrik pertamanya di Tibet, Himalaya, dekat dengan perbatasan India.

Kereta tersebut menghubungkan ibukota provinsi Lhasa dengan Nyingchi, kota penting yang strategis yang terletak di dekat negara bagian Arunachal Pradesh, India.

China menganggap Arunachal Pradesh sebagai bagian dari Tibet selatan dan menentang setiap kegiatan oleh India di wilayah tersebut.

Rute Kereta Api Sichuan-Tibet sepanjang 435,5 km diresmikan pada Jumat (25/6), menjelang perayaan seratus tahun Partai Komunis China (PKC) pada 1 Juli.

Menurut laporan, kereta api Fuxing akan dapat melakukan perjalanan dari Lhasa ke Shannan dalam 1 jam 10 menit dan ke Nyingchi dalam 3 jam 29 menit.

"Penyelesaian dan pembukaan lalu lintas sangat penting untuk memperkuat kontak dan pertukaran antara Tibet dan wilayah lain, dan memainkan peran penting dalam menjaga persatuan etnis, mengkonsolidasikan stabilitas di daerah perbatasan, serta meningkatkan revitalisasi pedesaan," kata Cina National Railway Corporation, seperti dikutip Sputnik.

Tahun lalu, Presiden China Xi Jinping telah menginstruksikan para pejabat untuk mempercepat pembangunan proyek kereta api baru. Dia mengatakan jalur kereta api baru akan memainkan peran kunci dalam menjaga stabilitas perbatasan.

Beijing juga telah meningkatkan infrastrukturnya di sekitar Garis Kontrol Aktual, perbatasan antara India dan China. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA