Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Serangan Pisau Di Jerman, Sejumlah Orang Tewas Dan Lainnya Luka-luka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 Juni 2021, 10:06 WIB
Serangan Pisau Di Jerman, Sejumlah Orang Tewas Dan Lainnya Luka-luka
Polisi Jerman/Net
rmol news logo Sejumlah orang dilaporkan tewas dan beberapa lainnya terluka dalam sebuah serangan pisau pada Jumat (25/6) di kota Wuerzburg, Jerman selatan. Tersangka pelaku penusukan berhasil dibekuk pihak kepolisian.

Dalam keterangannya polisi tidak menyebutkan jumlah korban dan motif tersangka melakukan serangan tersebut.

"Penyerang berhasil dilumpuhkan setelah polisi menggunakan senjata api. Ada beberapa korban luka dan tewas," kata polisi di Twitter, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (26/6).

Outlet berita Jerman melaporkan bahwa tersangka telah menyerang orang-orang di pusat kota dengan pisau.

Surat kabar Bild melaporkan, polisi dapat menangkap pria itu setelah menembak kakinya, seraya menambahkan bahwa setidaknya tiga orang tewas dan enam lainnya terluka.

Sementara motif dan identitas lengkap pelaku belum ditetapkan, Jerman telah dalam siaga tinggi setelah beberapa serangan ekstremis Islam yang mematikan.

Terduga Islamis telah melakukan beberapa serangan di Jerman dalam beberapa tahun terakhir, yang paling mematikan adalah amukan truk di pasar Natal Berlin pada Desember 2016 yang menewaskan 12 orang.

Penyerangnya saat itu adalah warga Tunisia, yang juga seorang pencari suaka yang gagal. Dia diketahui sebagai pendukung kelompok jihadis Negara Islam.

Baru-baru ini, seorang pria tewas dan seorang lainnya terluka parah dalam serangan pisau serupa yang dilakukan oleh kelompok Islam di kota Dresden pada Oktober lalu.

Kasus lain melibatkan seorang jihadis asal Suriah berusia 20 tahun. Pada bulan Mei dia menerima hukuman seumur hidup atas serangan homofobia.

Pada bulan Agustus, enam orang terluka dalam serangkaian kecelakaan di jalan raya di Berlin dalam apa yang digambarkan jaksa sebagai serangan yang diduga oleh kelompok Islam.

Jumlah kelompok Islam radikal yang dianggap berbahaya di Jerman meningkat tajam antara 2015 dan 2018, menurut dinas keamanan.

Tetapi jumlahnya telah menurun sejak saat itu, dengan hanya 615 yang dianggap berbahaya menurut hitungan terbaru -- dibandingkan dengan 730 pada Januari 2018.

Selain itu, ada juga 521 orang yang telah menarik perhatian dinas keamanan tetapi belum mencapai tahap dianggap berbahaya.

Kasus-kasus tersebut tak lepas dari banyaknya pencari suaka di negara itu.

Kanselir Angela Merkel telah mengizinkan lebih dari satu juta pencari suaka sejak 2015 - sebuah keputusan yang telah mendorong kebangkitan partai sayap kanan Alternatif untuk Jerman (AfD), yang menuduh bahwa masuknya para pencari suaka menimbulkan risiko keamanan yang tinggi.

Tapi di luar serangan Islam, ada juga serangan lain oleh orang-orang yang menggunakan pisau.

Pada Oktober 2017, seorang pria yang memegang pisau secara acak menyerang orang yang lewat di pusat kota Munich, melukai delapan orang.

Dalam kasus tersebut, polisi mengecualikan terorisme sebagai motif setelah menahan tersangka pelaku. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA