Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat Inggris: Seandainya Kuburan Massal Masyarakat Pribumi Itu Ditemukan Di China, Dunia Pasti Mengutuk Keras

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 26 Juni 2021, 14:14 WIB
Pengamat Inggris: Seandainya Kuburan Massal Masyarakat Pribumi Itu Ditemukan Di China, Dunia Pasti Mengutuk Keras
Sepatu terlihat di jalan setapak menuju bekas Sekolah Asrama Indian Brandon tempat para peneliti, bermitra dengan Sioux Valley Dakota Nation, menemukan 104 kuburan potensial di Brandon, Manitoba, Kanada, 12 Juni 2021/Net
rmol news logo Penemuan kembali kuburan massal berisi ratusan jenazah warga pribumi di Kanada seolah membuka sisi gelap dari sejarah negara itu. Penemuan itu terjadi di saat negara-negara Barat termasuk Kanada tengah mengitari China atas perlakuannya terhadap etnis Uighur di Xinjiang.

Tom Fowdy, seorang penulis dan analis politik dan hubungan internasional Inggris yang memfokuskan diri di Asia Timur mengatakan, "Kemunafikan itu menakjubkan dan terang-terangan."

Sebanyak 751 sisa-siaa jenazah di kuburan massal tak bertanda kembali ditemukan di sebuah sekolah asrama di Kanada, tepatnya di Marieval Indian Residential School, pada Rabu (23/6).

Menambah skandal nasional yang berkembang menyusul penemuan 215 sisa jenazah di sebuah sekolah asrama di Kamloops beberapa minggu sebelumnya. Serta penemuan kuburan massal lainnya di Banrandon Mantoba.
"Temuan ini mengungkapkan sisi gelap dari sejarah Kanada, yang tidak banyak diketahui dunia. Selama periode waktu yang lama tampaknya telah menjadi tuan rumah bagi beberapa pelanggaran hak asasi manusia yang mengerikan," tulis Fowdy dalam artikel yang dimuat di RT, Jumat (25/6).

Semua pengungkapan yang tidak menyenangkan ini datang di tengah dorongan baru oleh Ottawa, bersama orang lain di Barat, untuk menuduh China atas peristiwa di wilayah otonomi Xinjiang, di mana mereka berpendapat pelanggaran serupa sedang dilakukan.

"Saya sebelumnya telah menulis tentang hak asasi manusia ini stand-off di PBB dan reaksi Beijing untuk itu," kata Fowdy.

"Tetapi ironisnya adalah jika kuburan ini ditemukan di China dengan bukti yang begitu eksplisit, maka apa yang terjadi? China akan dikutuk kras secara universal oleh semua negara sebagai 'kejahatan terhadap kemanusiaan' atau bahkan 'genosida'," tulisnya.

Namun di Kanada, permintaan maaf sederhana tampaknya memuaskan komunitas internasional, tanpa pertanggungjawaban nyata bagi para pelakunya, ungkapnya.

Penemuan-penemuan itu penting, menurut Fowdy, karena mereka sepenuhnya mendefinisikan kembali pemahaman tentang Kanada dan masa lalunya. Lebih khusus lagi mereka menyinari sifat 'Anglosphere' – negara-negara yang berasal dari Kerajaan Inggris Australia, Kanada, Selandia Baru, dan Amerika Serikat, ditambah Inggris.

Negara-negara ini, diikat tidak hanya oleh warisan Imperialisme Inggris, tetapi oleh semangat pemersatu dari pengecualian moral absolutis, hak yang ditunjuk sendiri untuk polisi dan mendikte urusan dunia dan menegakkan hak-hak mereka.

Meskipun negara-negara ini telah membangun diri dan kekayaan mereka di atas penindasan penduduk asli, mereka sering menggambarkan diri mereka sebagai penyelamat di dunia.

Kanada mungkin adalah contoh yang paling mencolok. Sekalipun tidak diakui secara luas, dunia sebagian besar sadar sampai taraf tertentu bahwa Australia, Inggris, dan AS tidak memiliki latar belakang yang bersih.

"Tetapi hanya sedikit yang berhenti sejenak untuk mempertimbangkan fakta bahwa pada intinya, Kanada adalah negara kolonial yang sejak 1960-an dan seterusnya memasarkan kembali dirinya sebagai utopia liberal dan sekarang menampilkan dirinya sebagai suar pemerintahan yang progresif dan baik hati," kata Fowdy.

"Sebagai orang Inggris, saya dibesarkan dengan visi Kanada yang indah, sebuah negara yang pada nilai nominalnya tidak bersalah, makmur dan diinginkan dibandingkan dengan tetangga selatannya yang lebih kasar, yaitu Amerika Serikat," ungkapnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA