Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Israel Beberkan Berbagai Keberatan Atas Negosiasi Kesepakatan Nuklir Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 28 Juni 2021, 08:41 WIB
Israel Beberkan Berbagai Keberatan Atas Negosiasi Kesepakatan Nuklir Iran
Pertemuan delegasi Amerika Serikat yang dipimpin Menteri Luar Negeri Antony Blinken dengan delegasi Israel yang dipimpin Menteri Luar Negeri Yair Lapid/Net
rmol news logo Pemerintahan baru Israel menyampaikan keberatan serius atas negosiasi untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir Iran yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS).

Hal itu diutarakan oleh Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken ketika bertemu di Roma, Italia pada Minggu (27/6).

Itu merupakan pertemuan tatap muka pertama keduanya sejak pemerintahan Perdana Menteri Israel Naftali Bennet dilantik dua pekan lalu.  

"Israel memiliki beberapa keberatan serius tentang kesepakatan nuklir Iran yang dibuat di Wina. Kami percaya cara untuk membahas ketidaksepakatan itu adalah melalui percakapan langsung dan profesional, bukan dalam konferensi pers," ujar Lapid sebelum bertemu Blinken.

Blinken di sisi lain menekankan bahwa AS akan tetap berhubungan dekat dengan Israel mengenai negosiasi kesepakatan nuklir Iran atau Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA).

Iran dan AS telah mengadakan pembicaraan tidak langsung untuk menghidupkan kembali JCPOA yang ditandatangani sejumlah kekuatan dunia pada 2015.

Kesepakatan itu berisi pencabutan sanksi terhadap Iran dengan imbalan pembatasan kegiatan nuklir oleh Teheran.

Namun pada 2018, presiden Donald Trump menarik AS dari kesepakatan tersebut dan menerapkan banyak sanksi terhadap Iran, mendorong Teheran menanggapi dengan melanggar kesepakatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA