Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakistan Akan Tutup Perbatasan Jika Taliban Ambil Alih Afghanistan Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 28 Juni 2021, 10:51 WIB
Pakistan Akan Tutup Perbatasan Jika Taliban Ambil Alih Afghanistan Lagi
Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi/Net
rmol news logo Pakistan tidak dapat lagi menerima pengungsi dari Afghanistan. Sehingga Islamabad siap menutup perbatasannya jika situasi di Afghanistan memburuk.

Demikian yang ditegaskan oleh Menteri Luar Negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi kepada wartawan di Multan pada Minggu (27/6), seperti dikutip dari Arab News.

Qureshi menekankan, Pakistan akan menutup perbatasannya jika akhirnya Afghanistan diambil alih oleh Taliban setelah pasukan Amerika mundur dari negara itu.

"Kami tidak dapat menerima lebih banyak (pengungsi), kami harus menutup perbatasan kami, kami harus menjaga kepentingan nasional kami," tegasnya.

Sejak 1989, ketika Uni Soviet menarik diri Afghanistan, Pakistan menjadi salah satu tujuan dari warga Afghanistan yang melarikan diri karena pertikaian dalam negeri antara kelompok-kelompok Mujahidin.

Taliban memerintah Afghanistan sampai mereka digulingkan oleh koalisi pimpinan AS setelah serangan 11/9 di Amerika.

Dalam beberapa tahun terakhir, Qureshi menyebut, Pakistan sudah menerima sekitar 3,5 juta pengungsi dari Afghanistan.

Namun selama beberapa pekan terakhir, pejuang Taliban telah menyerbu beberapa distrik di Afghanistan selatan dan utara, meyakinkan pasukan keamanan pemerintah untuk menyerah dan menyita senjata dan kendaraan militer mereka.

Qureshi menyebut, Pakistan akan melanjutkan upaya diplomatiknya untuk perdamaian di Afghanistan, dan menyambut kepemimpinannya yang terpilih secara demokratis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA