Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dua Delegasi Uganda Positif Covid-19, Penyelenggara Olimpiade Tokyo Perketat Prokes

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 28 Juni 2021, 12:13 WIB
Dua Delegasi Uganda Positif Covid-19, Penyelenggara Olimpiade Tokyo Perketat Prokes
Olimpiade Tokyo 2020/Net
Penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 mengumumkan pengetatan aturan terkait Covid-19 untuk pesta olahraga yang akan dimulai pada bulan depan itu.

Pejabat senior Olimpiade Tokyo 2020, Hidemasa Nakamura pada Minggu (27/6) mengumumkan sejumlah aturan baru, termasuk isolasi tim atlet dari negara-negara yang tiba di Jepang.

Menurut Nakamura, ketika ada satu anggota yang ditemukan terinfeksi Covid-19, maka seluruh tim diwajibkan untuk melakukan isolasi karena kemungkinan adanya kontrak erat.

"Kami akan segera menyiapkan sistem untuk mengisolasi dan menguji mereka, bahkan sebelum menentukan (apakah mereka memiliki kontak erat dengan orang yang terinfeksi)," ujarnya, seperti dikutip dari CGTN.

Aturan ini muncul setelah dua dari sembilan anggota delegasi Uganda dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 pada bulan ini. Salah satu di antaranya dikonfirmasi terpapar varian Delta.

Satu delegasi dinyatakan positif ketika melakukan pemeriksaan di Bandara Narita pada 19 Juni. Sementara anggota tim lainnya terpapar ketika melakukan perjalanan dengan bus sewaan ke Izumisano, Prefektur Osaka.

Otoritas kesehatan setempat kemudian menetapkan bahwa seluruh tim, serta delapan orang lainnya, termasuk pejabat kota tuan rumah dan pengemudi bus, telah melakukan kontak dekat dengan dua orang yang terinfeksi.

ARTIKEL LAINNYA