Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

India Catat 40 Ribu Kasus Wabah Jamur Hitam, 3.000 Di Antaranya Meninggal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 29 Juni 2021, 08:43 WIB
India Catat 40 Ribu Kasus Wabah Jamur Hitam, 3.000 Di Antaranya Meninggal
Ilustrasi/Net
rmol news logo Wabah infeksi jamur hitam di India semakin mengkhawatirkan. Sejumlah daerah yang mendeteksi kasus jamur hitam juga diketahui mengalami lonjakan infeksi Covid-19.

Menteri Kesehatan Harsh Vardhan pada Senin (28/6) mengungkap data infeksi jamur hitam atau mucormysis di India. Sejauh ini sudah ada 40.845 kasus jamur hitam, dengan 3.129 orang di antaranya meninggal dunia.

"Dari mereka, 31.344 menderita hidung, sinus paranasal, dan bagian otak yang terkena," kata Vardhan, seperti dikutip Sputnik.

Mayoritas kasus terdeteksi di negara bagian Maharashtra, Kerala, Tamil Nadu, Benggala Barat, dan Odisha. Daerah-daerah itu juga melaporkan peningkatan kasus Covid-19.

Data menunjukkan, 32 persen pasien jamur hitam berusia antara 18-45 tahun, 42 persen masuk kelompok usia 45-60 tahun, dan 24 persen lainnya di atas 60 tahun.

Sebanyak 64 persen pasien juga merupakan penderita diabetes, dan 53 persen sudah pernah menggunakan steroid.

Mucormycosis adalah infeksi jamur yang menyerang sinus, otak dan paru-paru, dan dikatakan memiliki tingkat kematian hingga 50 persen. Orang dengan diabetes atau kekebalan yang berkurang setelah melawan penyakit lain, termasuk Covid-19, sangat rentan terhadap mucormycosis. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA