Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Varian Delta Menggila, Australia Lockdown Kota Perth Dan Peel

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 29 Juni 2021, 10:17 WIB
Varian Delta Menggila, Australia Lockdown Kota Perth Dan Peel
Ilustrasi/Net
Pemerintah Australia terus berupaya mengekang penyebaran Covid-19 varian Delta yang telah mencapai hampir setiap sudut negara itu. Salah satu upaya mereka adalah dengan melalukan penguncian penuh di sejumlah wilayah.

Pada Senin (28/6) pemerintah sepakat untuk melakukan penguncian penuh selama empat hari di Perth dan Peel, pasca ditemukannya kasus ketiga Covid-19 di Australia Barat, kluster yang terkait dengan wabah Bondi di Sydney yang telah berkembang jauh melampaui 100 kasus.

Penguncian terbaru terjadi setelah pertemuan krisis Kabinet Nasional, yang menyepakati bahwa vaksin virus corona AstraZeneca akan dibuka untuk semua warga Australia yang memenuhi syarat yang memintanya dari dokter umum.

Dalam skema baru ini, pemerintah akan memberikan ganti rugi kepada dokter umum yang memberikan suntikan AstraZeneca kepada orang berusia di bawah 60 tahun yang memintanya.

Perdana Menteri Scott Morrison mengatakan Kabinet Nasional juga menyetujui rencana untuk mewajibkan pekerja perawatan lansia untuk divaksinasi.

Morrison juga mengatakan alasan mengapa memilih lockdown sebagai solusi untuk mengekang penyebaran virus di negara itu.

"Kami melakukan lockdown karena kami memiliki varian Delta baru yang terbukti sangat menular daripada varian sebelumnya. Pertanyaannya adalah: apa varian selanjutnya,?" kata Morrison, seperti dikutip dari 9News, Selasa (29/6).

Selain Perth dan Peel, penguncian juga diumumkan di sejumlah wilayah termasuk Greater Sydney, dengan 18 kasus baru pada hari Senin ketika kluster Bondi tumbuh menjadi 124.

Queensland yang melaporkan dua kasus baru pada hari Senin (28/6), mendorong kembalinya pembatasan dan perintah wajib masker untuk area utama. Darwin juga telah memperpanjang masa penguncian setelah satu kasus baru didiagnosis pada Senin.

Sementara Victoria sejauh ini tidak memiliki kasus baru tetapi aparat telah meningkatkan patroli perbatasan untuk menghentikan orang masuk tanpa izin.

Dan Australia Selatan memperkenalkan aturan baru setidaknya selama seminggu , keadaan gelisah karena melihat apa yang berkembang di seluruh negeri.

"Kita bisa menjadi lelah, kita bisa menjadi frustrasi, kita bisa menjadi cemas - tetapi bagaimana kita harus maju," kata Morrison.

"Kita harus bertahan di sana, kita tidak punya pilihan, pandemi masih ada pada kita," lanjut dia menyemangati warganya.

"Ini pandemi, itulah alasan mengapa hal-hal ini terjadi, tidak hanya di Australia tetapi di semua tempat di seluruh dunia," ujarnya.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA