Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Wang Wenbin Tegur Yasuhide Nakayama Karena Sebut Taiwan Sebagai Sebuah Negara

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 30 Juni 2021, 09:58 WIB
Wang Wenbin Tegur Yasuhide Nakayama Karena Sebut Taiwan Sebagai Sebuah Negara
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang/Net
Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin meminta Jepang untuk mengeluarkan klarifikasi dan koreksi pasca Wakil Menteri Pertahanan Jepang Yasuhide Nakayama menyebut Taiwan sebagai sebuah negara.

Menurut Wang, apa yang dilakukan Nakayama adalah sebuah kesalahan dan pelanggaran serius terhadap prinsip-prinsip empat dokumen politik termasuk Deklarasi Bersama China-Jepang.

Dia juga menambahkan bahwa komentar itu melanggar janji, yang berulang kali dibuat oleh pihak Jepang, tentang 'tidak menganggap Taiwan sebagai sebuah negara'.

"China menuntut Jepang segera mengeluarkan klarifikasi untuk memastikan hal seperti itu tidak akan terulang kembali," kata Wang, seperti dikutip dari CGTN, Selasa (29/6).

Wang juga menambahkan bahwa pertanyaan Taiwan menyangkut landasan politik hubungan China-Jepang dan kredibilitas dasar antara kedua negara serta aturan hukum dan keadilan internasional.

"China secara serius mendesak pihak Jepang untuk dengan sungguh-sungguh menepati janjinya atas pertanyaan Taiwan, untuk berhati-hati dalam kata-kata dan perbuatan, untuk tidak merusak kedaulatan China dengan cara apa pun dan untuk menahan diri dari mengirimkan sinyal yang salah kepada pasukan 'kemerdekaan Taiwan'," ujar Wang.

Sebelumnya Nakayama mengeluarkan pernyataan yang mengatakan negara-negara demokratis harus melindungi satu sama lain dan bahkan dia mencatat Taiwan sebagai 'garis merah'.

"Jadi kita harus melindungi Taiwan sebagai negara demokratis," ujar Nakayama.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA