Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Joe Biden Hentikan Pembangunan Tembok Meksiko, Donald Trump Siap Lanjutkan Dengan Dana Pribadi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Juni 2021, 10:19 WIB
Joe Biden Hentikan Pembangunan Tembok Meksiko, Donald Trump Siap Lanjutkan Dengan Dana Pribadi
Mantan Presiden AS Donald Trump di sepanjang tembok pembatas antara Amerika dan Meksiko/Net
Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana akan menyelesaikan pembangunan tembok Meksiko yang menjadi proyek ambisiusnya dengan dana pribadi.

Sejak Joe Biden mengambil alih kekuasaan pada 20 Januari 2021, AS menghentikan pembangunan tembok Meksiko dan membuka jalan bagi para pengungsi.

Keputusan tersebut sontak dikritik keras oleh Trump yang semasa pemerintahannya berhasil menekan pengungsi.

Rencana untuk melanjutkan proyek tembok Meksiko akan digaungkan Trump ketika mengunjungi perbatasan AS dan Meksiko di Texas pada Rabu (30/6), seperti yang diwartakan The Independent.

Trump yang didampingi oleh Gubernur Texas Greg Abbott dan puluhan anggota Kongres dari Partai Republik akan mengunjungi Weslaco di Rio Grande. Mereka kemudian mengadakan pertemuan meja bundar untuk membahas keamanan perbatasan.

Mendukung rencana Trump, Abbott dari Partai Republik mengatakan pihaknya akan mencari sumbangan pribadi dan membuat situs web untuk donasi bagi pembangunan tembok Meksiko.

“Texas akan melakukan apa yang ditolak oleh pemerintahan Biden. Texas akan meningkatkan dan mengamankan perbatasan kita. Kami akan menggunakan setiap alat yang tersedia bagi kami di bawah hukum," kata Abbott.

Rencana Trump sendiri dipandang sebagai upaya mantan presiden untuk menggalang basis dukungan setelah didepak massal oleh media sosial.

Sejauh ini belum dipastikan apakah Trump akan mencalonkan diri dalam pilpres AS 2024, namun ia kemungkinan dipandang sebagai kandidat paling disukai dari Partai Republik karena berhasil menjaga basisnya.

ARTIKEL LAINNYA