Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketika NATO Latihan Militer Di Laut Hitam, Rusia Balas Dengan Uji Coba S-400 Di Krimea

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Juni 2021, 13:39 WIB
Ketika NATO Latihan Militer Di Laut Hitam, Rusia Balas Dengan Uji Coba S-400 Di Krimea
Sistem pertahanan udara Rusia, S-400/Net
rmol news logo Rusia melakukan uji coba alutsista besar-besaran di Krimea sebagai unjuk kekuatan dan balasan atas latihan militer gabungan negara-negara NATO di Laut Hitam.

Armada Laut Hitam Rusia pada Selasa (29/6) mengumumkan pihaknya telah mengerahkan sekitar 20 jet tempur dan helikopter, termasuk pembo Su-24M, serta sistem pertahanan rudal S-400 dan Pantsir ke Krimea untuk diuji coba.

Dari laporan Interfax, belum jelas kapan uji coba itu dilakukan.

Uji coba tersebut dianggap sebagai respons Rusia atas latihan militer Sea Breeze yang dilakukan oleh 32 negara yang dipimpin oleh Amerika Serikat (AS) dan Ukraina di Laut Hitam. Itu menjadi latihan gabungan terbesar sejak dimulai pada 1997.

Latihan yang dimulai sejak Senin (28/6) itu berlangsung selama dua pekan, dengan melibatkan 5.000 personel militer, 30 kapal, dan 40 jet tempur.

Komandan angkatan laut Ukraina Oleksiy Neizhpapa mengatakan  latihan itu akan mengirim pesan kuat untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di wilayah Ukraina.

Rusia sendiri mengecam latihan militer itu. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya terus memantau aktivitas tersebut dan mempersiapkan tindakan sebagai respons. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA