Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Antibodi Vaksin BioNTech Bisa Bertahan Lebih Lama Dari Perkiraan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Juni 2021, 15:57 WIB
Antibodi Vaksin BioNTech Bisa Bertahan Lebih Lama Dari Perkiraan
Vaksin Covid-19 yang dikembangkan BioNTech dan Pfizer/Net
rmol news logo Vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Pfizer dan BioNTech terbukti dapat melindungi tubuh terhadap virus corona untuk waktu yang lebih lama dari yang diperkirakan.

Hal itu dibuktikan dari sebuah penelitian di Amerika Serikat (AS) yang diterbitkan dalam jurnal Nature, seperti dikutip Reuters, Rabu (30/6).

Dokter AS menemukan sel memori B dari sistem kekebalan pada orang yang divaksinasi tiga bulan setelah dosis kedua.

Diketahui bahwa vaksinasi mRNA dapat melindungi terhadap Covid-19 setidaknya selama enam bulan. Namun, tidak jelas berapa lama perlindungan berlangsung di luar itu. Untuk memperjelas proses imunologi, orang sehat diperiksa setelah dua dosis vaksin diberikan dengan selang waktu tiga minggu.

Para peneliti menganalisis sampel dari 10 peserta yang diambil dua belas minggu setelah dosis vaksinasi kedua. Dari 10, sebanyak 8 peserta memiliki sel B.

Selain itu, para peneliti berulang kali menganalisis sampel darah dari 41 orang yang divaksinasi, delapan di antaranya sebelumnya telah terinfeksi SARS-CoV-2.

Konsentrasi antibodi umumnya memuncak satu minggu setelah vaksinasi kedua, dan antibodi itu efektif terhadap tiga varian corona, yaitu tipe asli, varian Alpha, dan varian Beta. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA