Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Insiden Di Laut Hitam, Putin: Bahkan Jika Rusia Tenggelamkan Kapal Inggris, Tidak Akan Memicu Perang Dunia Ketiga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 30 Juni 2021, 21:56 WIB
Soal Insiden Di Laut Hitam, Putin: Bahkan Jika Rusia Tenggelamkan Kapal Inggris, Tidak Akan Memicu Perang Dunia Ketiga
Presiden Rusia Vladimir Putin dalam wawancara tahunan di Moskow membahas sejumlah isu, mulai dari vaksin hingga insiden di Laut Hitam/AP
rmol news logo Presiden Rusia Vladimir Putin buka suara soal insiden yang terjadi di Laut Hitam baru-baru ini.

Dalam sebuah wawancara rutin tahunan yang disiarkan Rabu (30/6), Putin ditanya tentang insiden 23 Juni di Laut Hitam, di mana Rusia mengatakan salah satu kapal perangnya melepaskan tembakan peringatan dan sebuah pesawat tempur menjatuhkan bom di jalur HMS Defender Inggris untuk memaksanya keluar dari daerah dekat Krimea yang diklaim Moskow sebagai wilayah perairannya.

Putin menjelaskan bahwa sebuah pesawat pengintai Amerika Serikat juga bergabung dengan apa yang dia sebut sebagai provokasi untuk menguji respons Rusia.

Ditanya apakah peristiwa itu bisa memicu perang global, Putin menjawab bahwa Barat tidak akan mengambil risiko konflik skala penuh.

“Bahkan jika kita menenggelamkan kapal itu, itu tidak akan menempatkan dunia di ambang Perang Dunia III karena mereka yang melakukannya tahu bahwa mereka tidak dapat muncul sebagai pemenang dalam perang itu, dan itu sangat penting,” kata Putin, seperti dikabarkan Associated Press.

Pernyataan itu mengikuti peringatan pejabat Rusia bahwa jika kapal perang Barat memasuki perairan lagi, militer dapat menembakinya.

Di sisi lain, Inggris merupakan salah satu negara yang tidak mengakui aneksasi Krimea oleh Rusia pada tahun 2014. Inggris bersikeras bahwa kapalnya sedang berlayar di perairan Ukraina.

Sementara itu, belum ada tanggapan dari pihak Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengenai klaim Putin tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA