Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dapat Izin Singapura Untuk Terapi Pasien Covid-19, Sotrovimab Lebih Ampuh Dari Plasebo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 30 Juni 2021, 22:08 WIB
Dapat Izin Singapura Untuk Terapi Pasien Covid-19, Sotrovimab Lebih Ampuh Dari Plasebo
Sotrovimab/Net
rmol news logo Singapura memberikan izin sementara untuk penggunaan obat antobodi sotrovimab yang dikembangkan oleh GlaxoSmithKline (GSK) dan Vir Biotechnology bagi pasien Covid-19.

Health Sciences Authority (HSA) pada Rabu (30/6) memberikan izin sotrovimab untuk digunakan merawat pasien Covid-19 di atas 18 tahun dengan gejala ringan hingga sedang yang tidak memerlukan bantuan oksigen tambahan.

Dikutip dari Channel News Asia, izin diberikan setelah HSA meninjau data uji coba yang masih berlangsung.

"Tinjauan HSA terhadap data klinis yang tersedia berdasarkan hasil dari studi Fase II/III menemukan bahwa sotrovimab menunjukkan pengurangan 79 persen dalam risiko relatif untuk berkembang menjadi memerlukan perawatan akut di rumah sakit atau kematian karena Covid-19 dibandingkan dengan plasebo," jelas HSA.

Jika dibandingkan, hanya 1 persen dari mereka yang dirawat dengan sotrovimab yang mengalami gejala pernapasan parah. Sedangkan plasebo hingga 5 persen.

Uji klinis terhadap sotrovimab dilakukan pada lebih dari 1.000 orang berusia antara 18 hingga 96 tahun yang semuanya memiliki faktor risiko untuk berkembang menjadi Covid-19 yang parah.

Terapi sotrovimab didasarkan pada antibodi monoklonal, yaitu protein buatan laboratorium yang meniru kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen berbahaya seperti virus.

Sejauh ini, sotrovimab telah diberi izin penggunaan darurat di Amerika Serikat, Uni Emirat Arab (UEA), dan Bahrain. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA