Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kirim Ucapan Selamat Ultah Seabad PKC, PM Imran Khan Doakan Agar Persahabatan Pakistan-China Terus Bersinar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 01 Juli 2021, 06:33 WIB
Kirim Ucapan Selamat Ultah Seabad PKC, PM Imran Khan Doakan Agar Persahabatan Pakistan-China Terus Bersinar
Perdana Menteri Pakistan Imran Khan/Net
rmol news logo Perdana Menteri Pakistan Imran Khan ikut mengirim ucapan selamat atas peringatan ulang tahun ke-100 Partai Komunis China (PKC) yang dirayakan setiap 1 Juli.

Lewat sebuah surat yang dimuat di media China Global Times pada Rabu (30/6) dan dilaporkan oleh media lokal IG News, Khan mengungkapkan bahwa tahun ini menandai dua momen bersejarah bagi masyarakat kedua negara.

"Ini adalah momen bersejarah bagi masyarakat Pakistan dan China. Kedua negara kita merayakan 70 tahun pembentukan hubungan diplomatik, dan China merayakan 100 tahun berdirinya Partai Komunis China. Pada kesempatan bersejarah ini, saya mengucapkan selamat kepada pemerintah dan masyarakat kedua negara," ujar Khan.

Khan juga mengatakan dalam suratnya, bahwa hubungan antara China dan Pakistan telah terbukti mampu bertahan di segala kondisi.

"Pakistan adalah negara Muslim pertama yang mengakui Republik Rakyat China pada tahun 1950 diikuti dengan pembentukan hubungan diplomatik formal setahun kemudian," ujarnya.

Selama tujuh dekade terakhir, hubungan persaudaraan keduanya telah bertahan dari perubahan waktu. Khan mengungkapkan, persahabatan kedua negara tidak terpengaruh oleh perubahan di lingkungan regional dan internasional.

Bahkan ia menyebutnya sebagai 'Kemitraan Kooperatif Strategis Segala Cuaca'.

"Persahabatan Pakistan-China telah mengakar kuat di hati masyarakat kedua negara. Kami memiliki tradisi terbaik untuk berdiri bersama satu sama lain melalui masa-masa sulit. Misalnya, Pakistan memberikan dukungan kepada China selama gempa bumi pada tahun 2008 dan China membantu Pakistan setelah banjir yang menghancurkan pada tahun 2010," ujarnya.

Pakistan juga menjadi salah satu pendukung dan peserta paling awal dari Bely and Toad Initiative (BRI) yang dicanangkan oleh Presiden Xi Jinping.

"Kami dengan tegas mendukung semangat dan filosofi BRI, yang berupaya melampaui batas-batas nasional dan menjembatani kerjasama yang saling menguntungkan dan integrasi ekonomi yang lebih erat untuk masa depan bersama.

"Semoga api suci persahabatan Pakistan-China terus bersinar dengan kecerahan dan kemegahan yang terus meningkat," demikian Khan menutup suratnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA