Liga RMOL
Liga RMOL Mobile
Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Donald Rumsfeld, Menhan AS Era George W.Bush Meninggal Dunia Di Usia 88 Tahun

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 01 Juli 2021, 08:07 WIB
Donald Rumsfeld, Menhan AS Era George W.Bush  Meninggal Dunia Di Usia 88 Tahun
Donald Rumsfeld/Net
Berita duka datang dari negeri Paman Sam. Donald Rumsfeld dikabarkan meninggal dunia pada usia 88 tahun. Mendiang adalah Menteri Pertahanan di era Presiden Gerald Ford dan Presiden George W. Bush.

Kabar tersebut disampaikan keluarga dalam sebuah pernyataan di akun Twitter resmi Rumsfeld pada Rabu (30/6) waktu setempat.

"Dengan kesedihan yang mendalam kami berbagi berita tentang meninggalnya Donald Rumsfeld, seorang negarawan Amerika dan suami, ayah, kakek, dan kakek buyut yang setia," kata pernyataan itu, seperti dikutip dari AFP, Kamis (1/7).

“Pada usia 88, dia dikelilingi oleh keluarga di Taos kesayangannya, New Mexico," ujarnya.

Pernyataan itu tidak menyebutkan kapan tepatnya Rumsfeld meninggal.

Rumsfeld adalah salah satu dari aktor utama dalam Perang Irak dan pendukung setia dari gerakan perang atas terorisme yang digalakkan di bawah pemerintahan Bush.

Karier politik Rumsfeld berlangsung cukup lama. Ia memiliki reputasi sebagai orang dalam Washington yang paling utama, serta politikus yang terkenal karena mampu mengakali dan mengungguli musuh-musuhnya.

Semasa hidup Rumsfeld dikenal karena perlakuan angkuh terhadap beberapa perwira militer dan anggota Kongres dan pertikaian dengan anggota tim Bush lainnya, termasuk Menteri Luar Negeri Colin Powell. Dia juga mengasingkan sekutu AS di Eropa.

Pada 2004, Bush dua kali menolak untuk menerima permintaan Rumsfeld untuk mengundurkan diri setelah muncul foto personel AS yang melecehkan tahanan di penjara Abu Ghraib di luar Baghdad. Skandal itu memicu kecaman internasional terhadap Amerika Serikat.

Amerika Serikat menghadapi kecaman global setelah foto-foto itu menunjukkan pasukan AS tersenyum, tertawa, dan mengacungkan jempol saat menyiksa para tahanan.

Semasa hidup Rumsfeld juga menjabat sebagai pilot Angkatan Laut, duta besar NATO AS dan terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan AS. Dia dan istrinya Joyce memiliki tiga anak.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA