Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kirim 998 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Ke Indonesia, Jepang: Bukti Persahabatan Erat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 01 Juli 2021, 19:35 WIB
Kirim 998 Ribu Dosis Vaksin Covid-19 Ke Indonesia, Jepang: Bukti Persahabatan Erat
Dutabesar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi/Repro
rmol news logo Indonesia menerima kiriman vaksin Covid-19 tahap ke-19. Kali ini datang dari Jepang dan merupakan bantuan sebagai negara sahabat.

Sebanyak 998.400 dosis vaksin Covid-19 buatan AstraZeneca dikirim dari Jepang dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis (1/7). Vaksin dikemas dalam 13 box yang disimpan dalam envirotainer.

Ikut hadir dalam acara penerimaan vaksin secara virtual, Dutabesar Jepang untuk Indonesia Kenji Kanasugi menyampaikan pesan yang disampaikan oleh Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga kepada Presiden Joko Widodo terkait

"Pada kesempatan ini, Jepang memberikan vaksin kepada Indonesia. Ini merupakan bukti dari persahabatan yang erat di antara Jepang dan Indonesia," ujar Kanasugi dalam siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Ia menuturkan, Jepang dan Indonesia selalu saling membantu ketika menghadapi kondisi-kondisi yang sulit. Beberapa bukti yang disebutkan Kanasugi adalah ketika Jepang dilanda gempa bumi dan tsunami 2011, serta gempa bumi dan tsunami Palu 2018.

"Kami ingin terus bergandengan tangan dengan Indonesia yang merupakan mitra strategis Jepang untuk mengatasi Covid-19," pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Menteri Luar Negeri RI Mahendra Siregar mengatakan, bantuan vaksin dari Jepang merupakan tindak lanjut dari komunikasi intensif yang dilakukan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang Toshimitsu Motegi.

Di sela-sela kunjungan ke Italia untuk menghadiri pertemuan para menlu G20 pada 28 Juni, Retno melakukan pembicaraan bilateral dengan Motegi. Kemudian kesepakatan kerja sama vaksin ditandatangani pada 29 Juni.

Dalam keterangannya, Retno menyebut Indonesia akan menerima 2 juta dosis vaksin Covid-19 dari Jepang. Tahap pertama dilakukan pada hari ini, dan tahap kedua pada pertengahan Juli. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA