Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kawanan Babon Liar Masuk Ke Wilayah Ibu Kota Saudi, Pakar Sebut Akibat Ketidakseimbangan Lingkungan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 02 Juli 2021, 10:35 WIB
Kawanan Babon Liar Masuk Ke Wilayah Ibu Kota Saudi, Pakar Sebut Akibat Ketidakseimbangan Lingkungan
Babon Hamadryas/Net
rmol news logo Dalam beberapa hari terakhir warga Saudi diresahkan dengan munculnya kawanan hewan primata babon di lingkungan ibu kota Riyadh. Hewan-hewan itu diyakini berasal dari pegunungan Sarawat di Wilayah Barat, sebagian besar di wilayah barat daya dari Taif hingga Asir dan sekitarnya.

Ahmed Al-Bouq, pengawas program peluncuran nasional dan pusat penelitian dan pemuliaan dari Pusat Nasional untuk Satwa Liar megaku sedang mempelajari bagaimana mengatasi kehadiran hewan-hewan liar tersebut baik di wilayah perkotaan maupun pertanian.

“Ada dua file di meja tengah yang akan segera terlihat. Salah satunya mengevaluasi ukuran dan jumlah populasi monyet di Kerajaan, jenis masalah yang ditimbulkan, dan lokasinya. Studi besar ini akan mencakup aplikasi eksperimental dari beberapa solusi di dua lokasi, salah satunya di dalam kota dan yang lainnya di area pertanian,” katanya, seperti dikutip dari Arab News, Kamis (1/7).

File lainnya, jelasnya, membahas masalah monyet di Makkah, Jabal Al-Nour, Al-Adel, Duqm Al-Wabr dan Jabal Al-Rahma.

“Ini berfokus pada di mana mereka dijinakkan, berapa ukuran populasi mereka, dan peran orang dalam meningkatkan jumlah mereka, terutama karena mereka berada di kawasan bersejarah dan berinteraksi dengan pengunjung,” katanya.

Dengan semakin seringnya babon berjalan ke kota dan lahan pertanian akhir-akhir ini, warga telah mendirikan orang-orangan sawah dalam bentuk binatang liar untuk menakut-nakuti mereka.

“Mereka pikir mereka telah menemukan ide yang brilian dan belum pernah terjadi sebelumnya, tetapi mereka tidak tahu bahwa mereka sedang berhadapan dengan hewan yang sangat cerdas yang dapat mengantisipasi setiap gerakan,” kata Al-Bouq.

Menurut Al-Bouq, pusat tersebut telah mencoba segala macam teknik selama tiga dekade terakhir untuk menjauhkan babon dari batas kota, termasuk mengekspos mereka ke orang-orangan sawah dan suara serta aroma predator, tetapi dia menekankan bahwa mereka adalah makhluk yang sangat cerdas.

 â€œMetode ini mungkin berhasil untuk waktu yang singkat, tetapi sangat sulit untuk mempengaruhi babon melalui cara primitif seperti itu dalam jangka panjang,” katanya.

“Hewan-hewan ini telah ada selama ribuan tahun di Arab dan tidak dapat sepenuhnya terlepas dari wilayah tersebut,” lanjutnya.

Periode pembangunan dan ledakan ekonomi membuat habitat alami babon sering diserang. Sabotase terus menerus selama bertahun-tahun, penebangan berlebihan, perusakan hutan, dan pembunuhan predator alami seperti harimau, hyena, serigala, dan lynx,  menyebabkan munculnya ‘fenomena monyet’ di berbagai wilayah Kerajaan.

Itu yang akhirnya membuat primata-primata tersebut melarikan diri dari daerah alami di mana mereka tinggal ke daerah pertanian, dan menyerang mata pencaharian petani.

Pakar lingkungan  Ali Eshki setuju, juga menghubungkan keberadaan monyet di kota-kota Saudi sebagai “semacam ketidakseimbangan lingkungan.”

Sementara itu, warga berusaha menjauhkan monyet dari rumah, peternakan, dan anak-anak mereka sebaik mungkin, itulah yang dikatakan Naji Al-Abdali kepada Arab News, menggambarkan situasinya sebagai perjuangan sehari-hari.

“Mereka merusak pertanian hanya dalam tiga jam, membalikkan kerja bertahun-tahun menanam kopi, millet, dan barley,” katanya.

Babon Hamadryas adalah hewan yang kuat dan agresif, meskipun mereka akan lebih sering menunjukkan sisi ramah mereka ketika mereka membutuhkan makanan. Pejabat daerah sendiri telah memperingatkan warga untuk tidak memberi makan hewan-hewan itu.

Babon biasanya mengerumuni ratusan dan mencuri makanan sebagai akibat dari aktivitas manusia langsung dan tidak langsung, membuang makanan dan sisa-sisa di taman umum. Memasak di area yang bukan peruntukannya juga telah ikut menarik populasi babon dan memungkinkan mereka memasuki kota untuk mencari makanan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA