Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Sebelum Bertemu Joe Biden, Moon Jae-in Dan Kim Jong Un Telah Bertukar Surat

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 02 Juli 2021, 12:45 WIB
Sebelum Bertemu Joe Biden, Moon Jae-in Dan Kim Jong Un Telah Bertukar Surat
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in/Net
Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un ternyata telah bertukar surat sebelum KTT Korea Selatan-AS pada Mei lalu.

Kabar adanya kontak antara Moon dan Kim itu dipublikasikan oleh surat kabar Korea Selatan JoongAng Ilbo pada Jumat (2/7), dengan mengutip sumber diplomatik anonim.

Dalam suratnya, Moon mencari kemungkinan untuk melakukan pertemuan dengan Kim, meski harus dilakukan secara virtual. Namun tidak disebutkan bagaimana tanggapan dari Kim.

"Pemahaman saya adalah bahwa kedua pemimpin bertukar surat pada waktu sekitar KTT Korea Selatan-AS. Saya telah mendengar bahwa melalui surat-surat, kedua pemimpin membahas bagaimana mengadakan pertemuan publik melalui konferensi video," ujar sumber diplomatik itu.

Dari laporan Reuters, kantor kepresidenan Korea Selatan belum memberikan komentar ketika diminta konfirmasi.

Sejak Biden menjabat pada Januari, Moon telah berupaya untuk mendorong dilakukannya pertemuan puncak dengan Korea Utara.

Selama pertemuan dengan Presiden Joe Biden di AS, Moon berharap Washington dapat menghidupkan kembali pembicaraan yang saat ini terhenti dengan Pyongyang.

Meski menyatakan kesediaan untuk melanjutkan dialog, Biden tidak menunjukkan niat untuk mengurangi sanksi seperti yang dituntut oleh Korea Utara untuk bernegosiasi.

Pembicaraan denuklirisasi antara Korea Utara dan Amerika Serikat telah dihentikan sejak pertemuan puncak pada 2019, antara Kim dan Donald Trump. Hal itu menyebabkan memburuknya hubungan antar-Korea karena Moon telah menawarkan untuk memainkan peran mediator.

ARTIKEL LAINNYA