Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Perkuat Diplomasi Ekonomi, Dubes Nana Yuliana Bertemu Pengusaha Republik Dominika

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Juli 2021, 10:20 WIB
Perkuat Diplomasi Ekonomi, Dubes Nana Yuliana Bertemu Pengusaha Republik Dominika
(Kanan Dubes RI Nana Yuliana dan (Kiri) pengusaha Republik Dominika Vladimir Licairac/Ist
Pemerintah Indonesia terus berupaya memperkuat diplomasi ekonomi dengan negara-negara Amerika Latin dan Karibia yang menjadi pasar non-tradisional.

Salah satu upaya  dilakukan dengan pertemuan antara Dutabesar RI untuk Kuba, merangkap Bahama, Republik Dominika, Haiti, dan Jamaika, Nana Yuliana dengan para pengusaha.

Pada Sabtu (3/6), Dubes Nana melakukan pertemuan dengan pengusaha Republik Dominika Vladimir Licairac di Santo Domingo, seperti dikutip dalam keterangan KBRI Havana yang diterima redaksi.

Dalam kesempatan dimaksud, Dubes Nana menyampaikan update informasi terkait perkembangan ekonomi Indonesia dan arah kebijakan politik luar negeri guna mendukung dunia usaha.

Sementara itu, Licairac yang merupakan pengusaha furnitur, menyoroti peluang mengembangkan usahanya. Ia juga menyampaikan minat untuk menjadi wakil Indonesia di Republik Dominika sebagai Konsul Kehormatan Indonesia di Santo Domingo.

Republik Dominika adalah negara di Karibia yang berpenduduk 10,8 juta dan negara terbesar kedua di Karibia setelah Kuba. Negara ini dirangkap oleh KBRI di Kuba dan hanya memiliki 16 WNI.

Data dari Kementerian Perdagangan RI tahun 2020, total perdagangan antara Indonesia dan Republik Dominik senilai 80.962,3 juta  dolar AS, dengan surplus di Indonesia sebesar 40.108,8  juta dolar AS.

Selama ini, produk ekspor Indonesia ke Republic Dominika meliputi jenis produk tembakau, kertas, ikan, peralatan elektronik dan sparepart, kopi, tea, bumbu, furniture, sparepart kendaraan, kain tekstil, kayu dan jenis perkakas.

Sementara itu, Indonesia  mengimpor sejumlah produk dari Republik Dominika, seperti tembakau cerutu, coklat, product fharmasi, alat alat bedah, jenis kulit, alas kaki, kapur, jus, bir, tekstil.

Dubes Nana juga menyampaikan informasi terkait pelaksanaan virtual Indonesia Latin America and Caribian (INA-LAC) forum bisnis pada 14-15 Oktober 2021 dan Trade Expo Indonesia (TEI) pada 20-24 Oktober 2021.
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA