Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Mesir Resmikan Pangkalan Angkatan Laut Terbesar Di Perbatasan Libya

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 04 Juli 2021, 13:53 WIB
Mesir Resmikan Pangkalan Angkatan Laut Terbesar Di Perbatasan Libya
Mesir resmikan Pangkalan Angkatan Laut Tiga Juli di wilayah barat laut yang berbatasan dengan Libya/Net
Mesir telah membuka pangkalan Angkatan Laut yang baru dan terbesar di wilayah barat laut yang berbatasan dengan Libya.

Pangkalan yang disebut "Tiga Juli" itu diresmikan oleh Presiden Abdel Fattah al-Sisi pada Sabtu (3/6). Pangkalan itu memiliki luas lebih dari 10 juta meter persegi yang membentang di wilayah barat laut Jarjoub.

Dalam pidatonya, Panglima Angkatan Laut Mesir Ahmed Khaled mengatakan pangkalan itu akan memberikan keamanan ke Terusan Suez, mencapai keamanan maritim dan mengatasi imigrasi ilegal, seperti dikutip Anadolu Agency.

Laporan dari surat kabar harian milik negara Al Ahram menyebut pangkalan itu juga akna mencakup 74 instalasi militer dan sejumlah lapangan latihan di samping lapangan terbang dan pusat operasi.

Pangkalan angkatan laut Tiga Juli adalah pangkalan militer terbesar ketiga yang diresmikan oleh al-Sisi sejak ia mengambil alih kekuasaan pada tahun 2014.

Ia sebelumnya telah membuka "Pangkalan Militer Mohammad Naguib" pada Juli 2017 di dekat perbatasan barat dengan Libya dan "Bernice" pangkalan militer pada Januari 2020 di Laut Merah dekat perbatasan selatan dengan Sudan.

Dalam beberapa tahun terakhir, Mesir menjadi tuan rumah sejumlah latihan militer bersama dengan negara-negara, termasuk AS, Rusia, Italia, Prancis, Uni Emirat Arab, Oman, dan Sudan.

ARTIKEL LAINNYA