Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Survei: Biaya Langganan Internet Belanda Dan Belgia Termahal Di Eropa, Spanyol-Prancis Jadi Yang Termurah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 08 Juli 2021, 13:07 WIB
Survei: Biaya Langganan Internet Belanda Dan Belgia Termahal Di Eropa, Spanyol-Prancis Jadi Yang Termurah
Ilustrasi/Net
rmol news logo Saat ini internet telah hampir menjadi kebutuhan yang mendasar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat global. Tak jarang orang rela merogoh kocek yang dalam untuk biaya berlangganan.

Belanda dan Belgia menjadi negara dengan akses internet termahal dibanding negara Eropa lainnya, menurut sebuah survei terbaru yang dirilis Consumernbond. Organisasi tersebut telah menganalisis harga langganan internet di delapan negara Eropa bersama dengan perusahaan Belgia, Test Aankoop.

Di Belgia, pelanggan membayar rata-rata 48 euro (823 ribu rupiah) perbulan, sementara Belanda juga menempati peringkat tinggi dengan biaya rata-rata 41 euro (sekitar 703 ribu rupiah) per bulan.

“KPN dan Ziggo sebagian besar menguasai jaringan, jadi mereka cukup menguasai pasar. Persaingan terlalu sedikit. Dan itu buruk bagi konsumen,” kata Sandra Molenaar, direktur Asosiasi Konsumen, seperti dikutip dari NL Times, Kamis (8/7).

Penelitian menemukan bahwa langganan provider XS4All dan Solcon adalah yang paling mahal. Kedua perusahaan membebankan pengguna mereka masing-masing 47,65 dan 46,75 euro per bulan untuk berlangganan internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps. Sementara KPN di 45,40 euro per bulan.

Di antara negara-negara yang terlibat dalam penelitian, biaya  internet yang termurah ada di Spanyol. Penduduk negara ini rata-rata membayar 25 euro (sekitar 429 ribu rupiah) untuk layanan internet setiap bulan. Sementara Prancis menjadi yang termurah kedua dengan biaya rata-rata yang sama. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA