Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Istrinya Bertengkar Dua Kali Selama Empat Bulan, Dubes Belgia Untuk Korsel Ditarik Pulang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 09 Juli 2021, 03:16 WIB
Istrinya Bertengkar Dua Kali Selama Empat Bulan, Dubes Belgia Untuk Korsel Ditarik Pulang
Rekaman CCTV menunjukkan istri duta besar Belgia untuk Korea Selatan Xiang Xueqiu, terlibat pertengkaran dengan staf toko di Seoul pada April 201/CNN
rmol news logo Belgia menarik duta besarnya untuk Korea Selatan pekan ini setelah istri Sang Dubes itu dituduh terlibat pertengkaran fisik sebanyak dua kali dalam kurun waktu empat bulan.

Menurut kabar yang dimuat CNN, Dutabesar Belgia untuk Korea Selatan, Peter Lescouhier sebenarnya telah dipanggil pada akhir Mei lalu menyusul insiden pertama yang terjadi pada bulan April di mana istrinya, Xiang Xueqiu, terekam di CCTV menyerang seorang wanita di sebuah toko di Seoul. Insiden itu menyebabkan skandal nasional di Korea Selatan.

Pasca insiden itu, Lesouhier meminta maaf atas nama istrinya dengan mengatakan bahwa dia dengan tulus menyesali insiden tersebut. Dia juga mengatakan bahwa mungkin sang istri memiliki alasan untuk marah di toko itu, namun kekerasan fisik yang dilakukannya memang tidak dapat dibenarkan.

Namun baru-baru ini kembali terjadi insiden semacam itu. Polisi Distrik Yongsan Seoul mengatakan kepada CNN bahwa Xiang terlibat pertengkaran fisik dengan petugas kebersihan kota di lingkungan Hannam di Seoul awal pekan ini.

Menurut keterangan polisi, konflik dimulai saat petugas kebersihan yang tidak dikenal namanya sedang menyapu taman dan sikatnya menyentuh Xiang. Karena emosi, Xiang meneriaki dan memukul pipi petugas kebersihan itu sebanyak dua kali. Dia kemudian mendorongnya dan menyebabkan dia jatuh ke tanah.

Setelah insiden itu, petugas kebersihan menelepon polisi. Setelah itu Xiang dibawa ke klinik terdekat untuk pemeriksaan setelah dia melaporkan sakit punggung.

Kejadian itu juga dikonfirmasi oleh seorang jurubicara Kementerian Luar Negeri Belgia dalam sebuah pernyataan kepada CNN pada Kamis (8/7). Pernyataan itu menjelaskan bahwa Xiang terlibat dalam pertengkaran di sebuah taman Seoul pada awal pekan ini.

"Situasi dari pertengkaran ini masih belum jelas," tambah pernyataan itu.

“Menyusul insiden dengan dua karyawan sebuah toko, disepakati bahwa Dutabesar akan kembali bersama istrinya selama bulan Juli. Dengan situasi baru ini, mengingat tanggung jawab yang dimiliki seorang Dutabesar terhadap negara tuan rumah dan mengingat keinginan kami untuk mempertahankan hubungan baik yang kami miliki dengan Republik Korea, Wakil Perdana Menteri Sophie Wilms mengindikasikan pada hari Senin bahwa dia berharap dia kembali, tanpa penundaan lebih lanjut," tambah keterangan yang sama.

Di sisi lain, Kementerian Luar Negeri Korea Selatan mengatakan bahwa mereka akan memverifikasi fakta insiden tersebut dan secara aktif menanggapi dengan bekerja sama dengan lembaga terkait jika diperlukan.

"Kementerian akan merespons dengan tegas jika ditemukan tindakan ilegal terkait korps diplomatik di Korea Selatan," begitu keterangan dari pihak Kementerian Luar negeri Korea Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA