Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taliban Rebut Kendali Islam Qala, Rute Transit Utama Afghanistan-Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 Juli 2021, 09:54 WIB
Taliban Rebut Kendali Islam Qala, Rute Transit Utama Afghanistan-Iran
Rute perbatasan Afghanistan dan Iran, Islam Qala/Net
rmol news logo Taliban dilaporkan telah mengambil alih perbatasan utama Afghanistan dengan Iran, setelah menguasai perbatasan dengan Tajikistan dan Uzbekistan dalam satu pekan terakhir.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut seorang pejabat Afghanistan, Taliban telah menguasai Islam Qala di Provinsi Herat yang menjadi rute transit utama sepanjang 120 km ke Iran.

Sementara itu, para tentara Afghanistan yang berada di Islam Qala telah melarikan diri ke Iran untuk berlindung, seperti dimuat The Independent.

Perebutan perbatasan itu juga dikonfirmasi oleh jurubicara Taliban Zabihullah Mujahid lewat akun Twitter0nya. Ia mengatakan, kehadiran Taliban di Islam Qala disambut hangat oleh penduduk setempat.

Dalam cuitannya, ia juga mengunggah video yang menunjukkan pejuang Taliban di belakang truk bersorak untuk merayakan perebutan.

Aktivitas Taliban telah meningkat selama beberapa bulan terakhir, ketika Amerika Serikat (AS) dan NATO memulai menarik pasukannya dari Afghanistan.

Sekitar seperti dari total 421 distrik di Afghanistan dilaporkan telah diambil alih oleh Taliban. Setidaknya sudah ada tiga perbatasan yang dikuasai kelompok itu, yaitu perbatasan dengan Tajikistan, Uzbekistan, dan Afghanistan.

Tindakan Taliban membuat beberapa negara menutup konsulat mereka di wilayah tersebut. Tajikistan juga telah mengerahkan pasukan cadangan untuk memperkuat perbatasan selatannya dengan Afghanistan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA