Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Resmi, Batik Indonesia Tembus Pasar Digital Korea Selatan

Jumat, 09 Juli 2021, 13:18 WIB
rmol news logo Produk batik resmi menembus pasar digital Korea Selatan. Ditandai dengan penandatanganan kerjasama PT Wastra Cantik Indonesia (Batik Chic) dan Idus.com, salah satu situs ekonomi digital Korsel yang menjual mayoritas produk buatan tangan.

“Alhamdulillah. Hari ini Batik resmi memasuki pasar digital Korea Selatan. Setelah proses negosiasi berlangsung secara daring selama 7 bulan,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan Umar Hadi, setelah menyaksikan penandatanganan perjanjian secara daring antara pihak Indonesia dan Korsel, Jumat (9/7).

Duta Besar menekankan bahwa rampungnya perjanjian kerjasama, yang adalah suatu landmark agreement antara situs online Korsel dengan UKM Indonesia, merupakan capaian yang patut dibanggakan. Dari persiapan, negosiasi sampai penandatanganan perjanjian ini seluruhnya dilakukan virtual. Untuk itu, terbukti bahwa pandemi COVID-19 bukan lah suatu penghalang untuk giat memasarkan ekonomi kreatif ke manca negara.

Umar Hadi berharap dengan masuknya batik ke situs komersial daring dapat turut menciptakan kesejahteraan tidak hanya untuk kedua pihak, tetapi juga untuk UMKM lainnya.

Sekedar informasi, Batik Goes to Korea dirintis oleh KBRI Seoul yang secara aktif dengan mempromosikan produk Batik ke pasar digital Korsel. Idus.com adalah salah satu situs ekonomi digital Korsel yang menjual mayoritas produk buatan tangan, menyampaikan ketertarikannya untuk impor produk Indonesia berupa aksesoris dari Batik dan kain tradisional.

“Idus.com memutuskan untuk mengenalkan Batik Indonesia di situsnya melalui merek Batik Chic yang memiliki garis rancangan busana yang apik dan simpel, tepat mewakili citra wanita Indonesia dan Korsel yang cerdas, cantik, dan berbudaya di abad-21,” tegas Donghwan Kim, CEO Idus.com yang disampaikan oleh Danny Jeon.

Sementara itu, Pendiri dan Perancang Batik Chic, Novita Yunus, mengaku kemitraan dengan Idus.com ini menjadi lompatan besar bagi bisnisnya.
 
“Suatu quantum leap untuk Batik Chic dapat menjalin kemitraan dengan Idus.com situs online ternama Korsel. Terima kasih khusus kepada Dubes Umar Hadi dan jajaran KBRI Seoul yang tidak kenal lelah mencari jalan untuk tembus pasar digital Korsel,” ujar Novita.

Penyelesaian perjanjian tidak lepas dari kerja keras pihak terkait termasuk Bank Negara Indonesia (BNI) kantor cabang Seoul, sejalan dengan komitmen BNI Pusat untuk terus mendorong UKM Indonesia go global

Batik Goes to Korea
diharapkan dapat menjadi perintis penguatan akses produk ekonomi kreatif Indonesia ke pasar Korsel, khususnya menjelang penyelenggaraan World Conference on Creative Economy dan KTT G20 di Indonesia di tahun 2022. [R]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA