Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Ketika Ho Chi Minh City Lockdown, Vietnam Catat Rekor Tertinggi Kasus Harian Covid-19

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 09 Juli 2021, 20:48 WIB
Ketika Ho Chi Minh City Lockdown, Vietnam Catat Rekor Tertinggi Kasus Harian Covid-19
Vietnam catat rekor kasus harian Covid-19/Net
Rekor baru kembali tercatat untuk kasus harian Covid-19 tertinggi di Vietnam. Akibatnya, otoritas memberlakukan upaya pembatasan yang lebih ketat di beberapa wilayah, khususnya di Ho Chi Minh City.

Kementerian Kesehatan Vietnam melaporkan 1.625 kasus Covid-19 pada Jumat (9/7), sehingga totalnya menjadi 26.010 kasus, dengan 110 kematian, seperti dimuat Channel News Asia.

Sejak lima hari terakhir, Vietnam telah mencatat lebih dari 1.000 kasus.

Dari kasus harian pada Jumat, sebanyak tiga perempatnya dilaporkan berada di Ho Chi Minh City. Pada hari yang sama, pusat ekonomi Vietnam itu mulai memberlakukan lockdown yang lebih ketat selama 15 hari.

Kepanikan menyelimuti warga sebelum pembatasan gerak diberlakukan. Di Dong Nai, warga menimbun barang, sementara polisi mulai mengoperasikan pos pemeriksaan.

Lonjakan kasus Covid-19 terjadi di Vietnam sejak akhir April. Pemerintah telah mengupayakan mempercepat kampanye vaksinasi untuk mencegah terjadinya kondisi krisis.

"Vaksinasi terhadap Covid-19 adalah tindakan yang perlu dan penting untuk menahan penyakit dan memastikan pembangunan sosial-ekonomi," kata Kementerian Kesehatan.

Pemerintah menargetkan untuk memvaksinasi 50 persen penduduknya yang berusia di atas 18 tahun pada akhir tahun ini, dan 70 persen pada akhir Maret 2022.

Untuk memenuhi target, Kementerian Kesehatan telah mengantongi kerjasama 105 juta dosis vaksin Covid-19. Namun sejauh ini, Vietnam baru menerima 6 juta dosis vaksin.

ARTIKEL LAINNYA