Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

60 Tahun Perjanjian Persahabatan Korea Utara-China, Kim Jong Un Dan Xi Jinping Bertukar Pesan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 11 Juli 2021, 09:03 WIB
60 Tahun Perjanjian Persahabatan Korea Utara-China, Kim Jong Un Dan Xi Jinping Bertukar Pesan
Presiden China Xi Jinping dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un/Net
Presiden China Xi Jinping dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un telah bersumpah untuk mempererat hubungan kedua negara.

Dari laporan KCNA pada Minggu (11/7), kedua pemimpin itu bertukar pesan untuk memperingati 60 tahun Perjanjian Persahabatan, Kerjasama, dan Bantuan Timbal Balik China dan Korea Utara.

"Selama enam dekade terakhir, Republik Rakyat Demokratik Korea (RRDK) dan China telah menulis sejarah persahabatan yang membanggakan sambil terus mendukung dan bekerjasama satu sama lain secara moral dan material," ujar Kim.

Menurut Kim, Perjanjian Persahabatan Korea Utara dan China sangat penting untuk mendorong perjuangan sosialis kedua negara dan memastikan perdamaian serta stabilitas di Asia dan seluruh dunia.

"Terlepas dari situasi internasional yang rumit yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam beberapa tahun terakhir, kepercayaan dan persahabatan militan antara RRDK dan China semakin kuat dari hari ke hari," tambah Kim.

Lebih lanjut, Kim mengatakan Korea Utara akan mendukung pemerintah, rakyat, serta Partai Komunis China untuk membangun sosialisme dan komunisme di masa depan.

Menanggapi pesan itu, Xi mengatakan akan memberikan kebahagiaan yang lebih besar kepada kedua negara dan rakyat mereka dengan memperkuat komunikasi dengan Kim.

ARTIKEL LAINNYA