Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Raja Salman Dan Sultan Haitham Saksikan Penandatanganan Pembentukan Dewan Koordinasi Saudi-Oman

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 12 Juli 2021, 10:53 WIB
Raja Salman Dan Sultan Haitham Saksikan Penandatanganan Pembentukan Dewan Koordinasi Saudi-Oman
Raja Salman bin Abdulaziz menyambut Sultan Haitham bin Tariq di Istana Neom pada Minggu 11 Juli waktu setempat/Net
Kerajaan Arab Saudi dan Kesultanan Oman sepakat untuk membentuk Dewan Koordinasi Saudi-Oman. Pendatanganan kesepakatan tersebut disaksikan langsung oleh Raja Salman bin Abdulaziz dan Sultan Haitham bin Tariq pada Minggu (11/7) waktu setempat.

Kesepakatan tersebut bertujuan untuk memastikan koordinasi berkelanjutan antara kedua negara Teluk di semua bidang.

Sultan Haitham disambut di Bandara Neom Bay oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Ia kemudian menuju ke Istana Neom, di mana di sana ia bertemu Raja Salman dan mengadakan sesi pembicaraan resmi, menurut Saudi Press Agency (SPA).

"Raja Salman dan Sultan Haitham meninjau kembali hubungan sejarah yang mengakar antara kedua negara, dan membahas aspek kerja sama bersama dan cara-cara untuk meningkatkan dan mengembangkannya di berbagai bidang," lapor SPA, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Senin (12/7).

"Penjaga Dua Masjid Suci mengadakan jamuan makan siang untuk menghormati Sultan Haitham bin Tarik dan delegasi yang menyertainya," tambah SPA.

"Kunjungan itu dalam rangka memperkuat hubungan historis dan persaudaraan antara pimpinan kedua negara," lanjutnya.

“Ini juga bertujuan untuk memperluas prospek kerja sama bersama dan cara mengembangkannya di berbagai bidang demi kepentingan dan kemajuan yang mantap dari rakyat kedua negara,” tambah pernyataan yang dibawa oleh SPA.

Sultan Haitham tiba di Neom lebih awal pada hari Minggu (11/7) untuk kunjungan dua harinya di Arab Saudi atas undangan Raja Salman. Ini merupakan pertemuan resmi pertama antara kedua pemimpin sejak dimulainya pandemi Covid-19.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA