Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kasus Turun, Australia Kemungkinan Akan Tetap Perpanjang Penguncian Kota Sydney

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 Juli 2021, 13:47 WIB
Kasus Turun, Australia Kemungkinan Akan Tetap Perpanjang Penguncian Kota Sydney
Kota Sydney saat lockdown/Net
rmol news logo Kasus Covid-19 Sydney dilaporkan telah mengalami sedikit penurunan pada Selasa (13/7), namun Pemerintah Australia mengisyaratkan kemungkinan akan memperpanjang penguncian di kota terbesar di negara itu untuk meredam wabah varian Delta yang sangat menular.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Perdana Menteri negara bagian New South Wales Gladys Berejiklian dalam pernyataannya memperingatkan lebih dari 5 juta penduduk kota pelabuhan itu agar tidak berpuas diri ketika ia melaporkan 89 kasus baru yang ditularkan secara lokal, turun dari rekor tertinggi Senin untuk tahun 112 kasus.

“Suatu hari bukan tren, jumlahnya akan terus meningkat," kata Berejiklian dalam konferensi yang disiarkan televisi, seperti dikutip dari Reuters.

Berejiklian juga telah meminta warganya untuk tinggal di rumah kecuali untuk alasan mendesak.

Pihak berwenang juga melaporkan kematian seorang pria berusia 70-an, yang kematian Covid-19 kedua di negara itu tahun ini setelah seorang wanita berusia 90-an meninggal dalam beberapa hari terakhir.

Yang paling mengkhawatirkan pejabat kesehatan adalah kenyataan bahwa banyak orang bergerak di sekitar komunitas saat menular, tren yang kemungkinan akan membuat penguncian Sydney melampaui tanggal akhir yang dijadwalkan pada hari Jumat mendatang.

Kepala Petugas Kesehatan Kerry Chant mengatakan setidaknya 21 dari kasus yang dilaporkan pada hari Selasa adalah orang-orang yang berada di luar komunitas saat menular.

“Jumlah itu kemungkinan akan meningkat karena pejabat menentukan status isolasi untuk 14 kasus lainnya,” kata Chant.

"Ini masih terlalu banyak orang di komunitas yang menularkan," ujarnya.

Berejiklian telah berulang kali mengatakan bahwa jumlah yang mendasarinya harus mendekati nol untuk mencabut tindakan penguncian. Pada hari Selasa, dia mengatakan penduduk akan mendapat pembaruan tentang apakah penguncian akan diperpanjang atau tidak pada Kamis (15/7).

Titik panas wabah di seluruh kota sekarang berjumlah ratusan, termasuk blok apartemen, toko peralatan rumah tangga, klinik kesehatan, bank, dan tukang daging.

Sebuah gedung apartemen di pinggiran pantai Bondi dikunci di bawah penjagaan polisi setelah delapan penghuninya dinyatakan positif, sementara perusahaan retail Amazon.com menutup sementara pusat distribusi utamanya di Sydney setelah dua pekerja dinyatakan positif.

Orang-orang di pinggiran barat Fairfield, pusat wabah, diperintahkan untuk dites setiap tiga hari jika mereka bepergian ke luar daerah untuk bekerja.

"Lagi pula, bukan ide yang buruk untuk melindungi diri Anda sendiri," kata Phannarith Ing, yang menjalankan perusahaan bangunan kecil dan sering meninggalkan daerah itu untuk mencari pekerjaan.

"Saya tidak keberatan melakukan tes, itu hanya bagian tak terpisahkan dari keharusan melakukan perjalanan ke pekerjaan yang perlu dilakukan. Pilihan apa yang kita miliki?" tanyanya.

Ada kekhawatiran yang berkembang pada hari Selasa bahwa wabah Sydney telah menyebar lebih jauh.

Negara bagian Victoria yang bertetangga melaporkan tiga kasus baru, semua anggota keluarga yang telah pulang ke Melbourne dari New South Wales. Kasus-kasus itu adalah yang pertama dilaporkan di Victoria dalam hampir dua minggu.

Penghuni blok apartemen di Melbourne, ibu kota Victoria, telah diperintahkan untuk mengasingkan diri setelah seorang penggerak furnitur yang berada di gedung itu dinyatakan positif.

Baik Victoria dan Australia Selatan waspada terhadap potensi lebih banyak kasus setelah dua orang dari Sydney melakukan perjalanan melalui negara bagian untuk bekerja sementara tanpa sadar menular.

Penguncian cepat, pelacakan kontak cepat, dan aturan jarak sosial yang ketat telah membantu Australia menahan wabah di masa lalu dan menjaga angka Covid-19 lebih rendah daripada banyak negara maju lainnya dengan lebih dari 31.300 kasus dan 912 kematian.

Namun, wabah baru-baru ini berkembang pesat. Infeksi mendekati 800, kurang dari sebulan sejak pertama kali terdeteksi pada pengemudi limusin yang mengangkut awak maskapai luar negeri.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA