Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korban Meninggal Akibat Gelombang Panas Pecahkan Rekor, Mayoritas Lansia, Hidup Sendiri Tanpa AC

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 14 Juli 2021, 08:24 WIB
Korban Meninggal Akibat Gelombang Panas Pecahkan Rekor, Mayoritas Lansia, Hidup Sendiri Tanpa AC
Pusat pendingin yang disediakan otoritas agar warga dapat berlindung dari gelombang panas/Net
rmol news logo Korban meninggal dunia akibat gelombang panas di Oregon, Amerika Serikat (AS) telah memecahkan rekor.

Berdasarkan laporan awal yang dirilis pada Selasa (13/7), banyak korban merupakan lansia yang hidup sendiri, dan tidak memiliki pendingin ruangan atau AC.

Di Multnomah County, wilayah terpadat di Oregon, setidaknya 71 orang meninggal dunia dengan kemungkinan penyebabnya adalah panas. Namun hanya 54 di antaranya yang sudah dikonfirmasi tewas akibat gelombang panas.

Dimuat Associated Press, beberapa mayat baru ditemukan beberapa pekan setelah gelombang panas menghantam Oregon lantaran mereka hidup sendiri. Rata-rata korban meninggal berusia 70 tahun.

"Banyak dari mereka adalah lansia, mereka yang paling membutuhkan perawatan, dan banyak yang sendirian," kata Ketua Wilayah Deborah Kafoury.

Pihak berwenang Oregon mencatat ada 116 kematian yang diduga terjadi akibat panas. Sementara Washington melaporkan setidanya 91 kematian, dan British Columbia mengatakan ada ratusan kematian mendadak dan tak terduga selama lonjakan suhu di sana.

Menurut laporan pada Selasa, angka kematian akibat panas pada Juni 2021 jauh lebih tinggi daripada 20 tahun terakhir.

Lebih dari tiga perempat dari mereka yang meninggal hidup sendiri, 55 persen tinggal di apartemen atau perumahan, hampir setengahnya tinggal di lantai tiga atau lebih.

Selain itu, hampir seperempat dari mereka tidak memiliki AC, bahkan kipas angin. Tujuh korban memiliki AC, namun rusak atau tidak dinyalakan.

Lebih dari 90 persen dari korban berkulit putih dan 63 persen laki-laki. Sebagian besar kematian dilaporkan setelah 29 Juni, ketika puncak gelombang panas sudah terlewati.

Pada 25 hingga 28 Juni, suhu terpanas sepanjang sejarah tercatat di Portland, yaitu 47 derajat Celcius. Situasi serupa juga terjadi di Oregon, Washington, dan British Columbia di Kanada. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA