Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

UEA Resmikan Pembukaan Kedutaan Besar Di Israel

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 14 Juli 2021, 15:50 WIB
UEA Resmikan Pembukaan Kedutaan Besar Di Israel
Uni Emirat Arab (UEA) meresmikan kedutaan besarnya di Israel pada hari ini/Net
Uni Emirat Arab (UEA) meresmikan kedutaan besarnya di Israel pada hari ini (Rabu, 14/7). Peresmian ini dilakukan kurang dari setahun setelah kedua negara mengumumkan akan menjalin hubungan diplomatik resmi.

Kedutaan tersebut terletak di gedung Bursa Efek Tel Aviv dan pembukaannya dilakukan pasca Israel lebih dulu meresmikan pembukaan kedubesnya di UEA bulan lalu.

Lokasi kedubes UEA ini sangat strategis karena terletak di jantung distrik keuangan Israel. Hal ini semakin menyoroti peran sentral kerja sama ekonomi yang dimainkan sejak UEA menjadi negara mayoritas Arab ketiga yang menjalin normalisasi hubungan dengan Israel.

Peresmian kedubes itu dihadiri oleh Presiden baru Israel Isaac Herzog. Pada kesempatan itu, Duta Besar UEA untuk Israel Mohamed al-Khaja menyebut pembukaan kedutaan sebagai tonggak penting dalam hubungan yang berkembang antara kedua negara.

“UEA dan Israel sama-sama negara yang inovatif, kami dapat memanfaatkan kreativitas ini untuk bekerja menuju masa depan yang lebih sejahtera dan berkelanjutan bagi negara dan kawasan kami,” ujarnya, seperti dikabarkan Al Jazeera.

Pasa normalisasi hubungan diplomatik, Israel dan UEA telah berusaha untuk meningkatkan kerjasama ekonomi kedua negara.

Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid mengatakan kepada media UEA bulan lalu bahwa perdagangan bilateral telah mencapai lebih dari 675,22 juta dolar AS sejak normalisasi hubungan kedua negara pada September 2020.

ARTIKEL LAINNYA