Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

UEA Rilis Protokol Perayaan Iduladha 2021, Shalat Dilaksanakan Tidak Lebih 15 Menit Di Masjid Dan Tidak Ada Salam-salaman

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 15 Juli 2021, 07:22 WIB
UEA Rilis Protokol Perayaan Iduladha 2021, Shalat Dilaksanakan Tidak Lebih 15 Menit Di Masjid Dan Tidak Ada Salam-salaman
Jamaah yang menjaga jarak aman satu sama lain melakukan salat di sebuah masjid di UEA/Net
Otoritas Manajemen Krisis dan Bencana Darurat Nasional (NCEMA) Uni Emirat Arab merilis protokol baru jelang datangnya perayaan Hari Raya Iduladha yang akan berlangsung pekan depan.

Selama pengarahan, NCEMA mengungkapkan bahwa mereka telah mengumpulkan data dari tiga hari libur besar terakhir – Idulfitri, Tahun Baru, dan Idul adha 2020- di UEA yang menghubungkan perayaan tersebut dengan peningkatan yang signifikan dalam infeksi Covid-19 baru .

Setelah Idulfitri tahun ini, rata-rata rasio harian kasus Covid-19 mencapai lebih dari 2.000 kasus – setara dengan peningkatan lebih dari 60 persen – sementara setelah perayaan Tahun Baru, kasus di seluruh Emirates mencapai rasio harian sebesar 2.700 kasus atau setara dengan peningkatan lebih dari 200 persen.

Selama Iduladha tahun lalu, rata-rata rasio harian infeksi Covid-19 berjumlah lebih dari 1.400 kasus yang saat itu setara dengan peningkatan lebih dari 500 persen.

Juru bicara sektor kesehatan Farida al-Hosani mendesak masyarakat untuk memastikan lonjakan serupa tidak terjadi selama Iduladha mendatang.

“Kami meninjau statistik ini dengan Anda untuk mengonfirmasi bahwa tanggung jawab hari ini dibagi di antara kami, dan komitmen Anda untuk tindakan pencegahan, terutama selama kesempatan ini, berkontribusi positif untuk mengurangi angka ini," katanya, seperti dikutip dari Al-Arabiya, Rabu (14/7).

“Ini adalah tanggung jawab semua orang. Kita harus bertanggung jawab secara sosial dan menunjukkan kesadaran,” katanya.

Adapun protokol keamanan Iduladha yang dirilis NCEMA meliputi pelaksanaan Shalat yang diadakan tidak lebih dari 15 menit di masjid, sementara tanda-tanda keselamatan akan ditampilkan di area luar tempat ibadah. Jamaah juga akan diminta untuk membawa sajadah mereka sendiri dan penanda jarak sosial akan ditempatkan di tempat-tempat sholat.

Warga juga diminta untuk menghindari pertemuan besar, menahan diri dari berjabat tangan atau berpelukan saat salat Iduladha dan melakukan tes sebelum mengunjungi kerabat lanjut usia. Orang-orang juga diminta untuk menghindari pertukaran dan pembagian daging, hadiah, dan makanan di antara tetangga.

Pertemuan juga harus dibatasi untuk keluarga yang tinggal di rumah yang sama dan hanya dengan kerabat tingkat pertama.

UEA telah memerangi pandemi dengan pengujian dan langkah-langkah keamanan yang kuat dan telah secara resmi melampaui Seychelles dalam menjadi negara yang paling banyak divaksinasi di dunia dengan lebih dari 15,9 juta dosis, menurut NCEMA.

Hingga saat ini, UEA kini telah memberikan lebih dari 16 juta dosis Covid-19 di seluruh negeri, dengan 76 persen populasi menerima setidaknya satu dosis dan 66,3 persen divaksinasi penuh.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA